Presiden Terpilih Bolivia Berencana Hanya Akan Menjabat Satu Periode

Kembalinya demokrasi di Bolivia

La Paz, IDN Times - Tepat pada hari Minggu (08/11) presiden terpilih Bolivia, Luis Arce dilantik sebagai orang nomor satu di negara Amerika Selatan tersebut. Setelah sebelumnya Bolivia dilanda kerusuhan politik hampir setahun lamanya akibat rencana Evo Morales yang hendak mencalonkan kembali sebagai pemimpin Bolivia. 

Pada acara inagurasi presiden tersebut juga dihadiri oleh pemimpin negara-negara tetangga beserta negara sahabat. Selain itu, Luis Arce juga mengatakan akan berupaya mengembalikan perekonomian Bolivia yang tengah terdampak pandemi COVID-19, dilaporkan dalam Anadolu Agency.

1. Acara pelantikan dihadiri pemimpin negara lain

Presiden Terpilih Bolivia Berencana Hanya Akan Menjabat Satu PeriodePresiden Bolivia, Luis Arce bersama dengan pemimpin dari negara lain. twitter.com/LuchoXBolivia/

Pada acara pelantikan Presiden Luis Arce yang digelar di La Paz, pada hari Minggu (08/11) setelah sebelumnya berhasil menang telak atas lawan-lawannya dalam pilpres yang diadakan bulan Oktober lalu. Saat pelantikan, Presiden Luis Arce disumpah secara langsung oleh Pimpinan Legislatif Bolivia, David Choquehuanca. 

Sementara itu, acara inagurasi tersebut dihadiri oleh beberapa kepala negara tetangga dan beberapa negara lain, seperti Raja Felipe VI dari Spanyol, serta presiden Paraguay, Argentina, Kolombia dan tak ketinggalan representatif dari Chili, Iran dan Venezuela, dikutip dari CNN.  

2. Kembalinya pemimpin sayap kiri di Bolivia 

Presiden Terpilih Bolivia Berencana Hanya Akan Menjabat Satu PeriodePresiden Bolivia, Luis Arce saat bertemu dengan Menlu Iran, Javad Zarif. twitter.com/LuchoXBolivia/

Naiknya Luis Arce sebagai pemimpin sayap kiri di Bolivia menunjukkan bahwa kembalinya Amerika Latin ke arah politik kiri. Hal ini menunjukkan apabila Amerika Latin kembali ke arah sayap kiri, seperti di awal tahun 2000an, setelah belakangan ini didominasi oleh pemimpin sayap kanan.   

Sejak tahun 2018, beberapa pemimpin sayap kiri kembali menduduki jabatan di beberapa negara Amerika Latin, seperti Meksiko, Argentina dan kemenangan pemimpin sayap kiri di Ekuador pada Februari lalu, dikutip dari The Guardian

Baca Juga: Luis Arce Menang Telak dalam Pemilihan Presiden Bolivia

3. Hanya akan menjabat presiden selama satu periode

Presiden Terpilih Bolivia Berencana Hanya Akan Menjabat Satu PeriodePresiden Bolivia, Luis Arce bersama Presiden Kolombia, Ivan Duque dan Presiden Argentina Alberto Fernandez. twitter.com/LuchoXBolivia/

Luis Arce yang merupakan lulusan Warwick University di Inggris ini berencana untuk membangkitkan perekonomian Bolivia yang jatuh hingga 11 persen dan angka pengangguran yang mencapai di atas 30 persen sejak terjadinya pandemi COVID-19. 

Selain itu, pemimpin sayap kiri Bolivia tersebut juga umumkan apabila demokrasi telah kembali ke Bolivia dan menolak segala bentuk rezim diktator untuk melakukan kudeta di negaranya. Ia juga mengumumkan apabila akan memperbaiki hubungan dengan berbagai negara, seperti Argentina, Kuba, Venezuela, bahkan ia juga akan bertindak pragmatis dan tetap bekerjasama dengan Brasil yang dipimpin Jair Bolsonaro. 

Melansir dari The Guardian, tahun lalu, Evo Morales sempat membuat kemarahan rakyat Bolivia setelah mengabaikan referendum dan berniat mencalonkan kembali untuk periode keempat, usai memimpin negara tersebut selama hampir 14 tahun lamanya. Oleh karena itu, Luis Arce berencana hanya akan menjabat sebagai presiden selama satu periode dengan durasi lima tahun tidak lebih.

Namun penemu Pusat Demokrasi Bolivia, Jim Shultz mengatakan bila hal tersebut tidak selalu seperti itu, "Kita lihat saja nanti, karena konstitusi memberikannya kesempatan untuk mencalonkan yang kedua kalinya. Tentu saja ia akan mengatakan itu pada permulaan." 

Baca Juga: Setelah Lama Tertunda, Akhirnya Bolivia Langsungkan Pemilihan Umum

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya