Provinsi di Kanada Dekriminalisasi Pengguna Narkoba

Demi mengurangi kasus overdosis di British Columbia

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kanada pada Selasa (31/5/2022), memperbolehkan Provinsi British Columbia untuk meresmikan dekriminalisasi pengguna narkoba dalam jumlah kecil. Kebijakan ini dilakukan demi menekan angka kasus overdosis yang terus meningkat di Kanada dalam lima tahun terakhir. 

Keputusan ini didasarkan pada rencana dekriminalisasi narkoba untuk pengunaan pribadi pada September 2020 lalu. Diharapkan nantinya pengunaan narkoba jalanan akan berkurang drastis, termasuk kasus overdosis. 

Pada 2020, negara bagian Oregon, Amerika Serikat sudah memberlakukan dekriminalisasi narkoba dalam jumlah kecil. Hal itu dapat mengurangi kasus overdosis, tapi kendala yang dialami adalah sistem fasilitas kesehatan yang dibanjiri para pecandu narkoba, dilansir dari NPR

Baca Juga: Warga Kanada Tuntut Pembebasan 2 Pria Kanada di China

1. Kebijakan akan diresmikan tahun depan dan diawasi dalam tiga tahun ke depan

Dekriminalisasi penggunaan narkoba di British Columbia ini menjadi yang pertama kalinya di Kanada. Kebijakan yang jadi percobaan ini akan digulirkan mulai 31 Januari tahun depan dan akan dipantau secara berkelanjutan dalam tiga tahun ke depan. 

Sesuai kebijakan ini, nantinya penduduk berusia 18 tahun akan diperbolehkan untuk membawa hingga 2,5 gram narkoba. Bahkan, orang ketahuan membawa narkoba tidak akan ditangkap, diserahkan ke tempat rehabilitasi ataupun khawatir narkobanya disita oleh petugas. 

Meski begitu, penjualan dan produksi, distribusi dan penyelundupan narkoba tetap menjadi hal yang ilegal. Maka dari itu, kebijakan dekriminalisasi narkoba ini tidak akan berlaku di sekolah, bandara ataupun digunakan oleh pasukan bersenjata, dilaporkan Vice News

Sementara itu, bagi pecandu narkoba nantinya akan diberikan suplai narkoba yang diawasi keamanannya. Sedangkan, narkoba ilegal didekriminalisasi adalah jenis, kokain, MDMA, fentanyl, heroin, dan sabu-sabu. 

Baca Juga: Italia Peroleh Dukungan Referendum Dekriminalisasi Ganja

2. Pecandu narkoba dapat meminta bantuan kesehatan dengan mudah

Pemberlakuan kebijakan ini berdasarkan dari masalah epidemik narkoba di British Columbia yang merenggut ribuan nyawa. Selain itu, overdosis narkoba merupakan masalah kesehatan dan tidak berhubungan dengan kriminal. 

Dilaporkan The Globe and Mail, tujuan dekriminalisasi pengunaan narkoba ini untuk mengurangi stigma kepada orang yang menggunakan narkoba. Pencabutan ancaman hukum akan mengurangi pengunaan pribadi dan memudahkan pecandu untuk mencari bantuan kesehatan, sehingga mengurangi kasus overdosis. 

"Stigma dan ketakutan kriminalisasi dapat menyebabkan pecandu menyembunyikan narkoba yang digunakan atau menggunakan dengan cara yang salah. Maka dari itu, Pemerintah Kanada akan memperlakukan pengguna sebagai orang dengan masalah kesehatan, bukan kriminal," ungkap dr Theresa Tam. 

Sementara itu, aktivis reformasi kebijakan narkotika, Dana Larsen menyebut ini adalah satu langkah ke arah yang benar. Namun, ia mengemukakan untuk melihat perkembangan penggunaan obat terlarang yang aman. 

"Ini tidak akan menghentikan korban sekarat akibat overdosis obat-obatan terlarang. narkoba akan tetap menjadi kontaminan. Saya pikir kami membutuhkan toko yang menjual heroin, kokain, ekstasi, dan narkoba lain dengan legal. Solusi dari masalah ini adalah menanganinya seperti alkohol dan tembakau," tutur Larsen, dilansir Associated Press

Baca Juga: Kanada Perkenalkan RUU yang Larang Jual Beli Pistol, Ini Rinciannya!

3. Lebih dari 9 ribu orang tewas akibat overdosis di British Columbia

British Columbia sudah menjadi salah satu provinsi yang paling terdampak atas kasus overdosis akibat penggunaan narkoba. Bahkan, lima tahun lalu, pemerintah setempat mendeklarasikan krisis kesehatan dalam menanggapi tingginya kasus overdosis. 

Jumlah korban tewas akibat overdosis narkoba di British Columbia disebut sangat memprihatinkan dan hampir menyamai kematian akibat COVID-19. Dilaporkan sudah ada lebih dari 9 ribu orang tewas akibat overdosis sejak 2016 lalu, dilaporkan BBC

Sejak saat itu, terdapat sejumlah usulan untuk merombak kebijakan narkoba pada pendekatan kesehatan di seluruh negeri. Hal itu termasuk dukungan dari para pejabata kesehatan atas dekriminalisasi kepada pecandu narkoba. 

Nantinya kebijakan dekriminalisasi narkoba di British Columbia ini akan dipantau secara terus-menerus. Apabila kebijakan ini sukses dilakukan, maka akan menjadi contoh dan diberlakukan di seluruh Kanada. 

Beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kanada dianggap bertindak lambat dalam menangani masalah epidemik narkoba. Maka, langkah ini dianggap sebagai percobaan kecil yang mungkin memiliki hasil positif. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya