Rumania Bangun Pangkalan Militer NATO Terbesar di Eropa

Berfungsi sebagai pertahanan NATO di Laut Hitam

Jakarta, IDN Times - Rumania, pada Senin (18/3/2024), membangun pangkalan militer terbesar di Eropa untuk menampung pasukan NATO. Pangkalan itu akan berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas militer aliansi militer Barat di kawasan Laut Hitam. 

Pada awal Maret, Albania sudah meresmikan bekas pangkalan militer Uni Soviet di Kucova yang kini dijadikan pangkalan NATO di Balkan Barat. Pangkalan tersebut dinilai penting untuk mengadang pengaruh dan ambisi imperialis Rusia yang menargetkan kawasan Balkan Barat. 

1. Proyek pengembangan memakan biaya sebesar Rp42,4 triliun

Rumania Bangun Pangkalan Militer NATO Terbesar di EropaPesawat tempur milik AU Rumania. (facebook.com/ForteleAerieneRomane)

Proyek pembangunan pangkalan militer NATO di Rumania ini meliputi pengembangan Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu yang terletak di Constanta. Selama ini, pangkalan tersebut digunakan untuk Angkatan Udara (AU) Rumania ke-57. 

Dilaporkan Newsweek, proyek tersebut memakan biaya mencapai 2,7 miliar dolar AS (Rp42,4 triliun) dengan keliling mencapai 32 km dan mencakup area seluas 28,5 km persegi. Rencananya pangkalan ini dapat menampung 10 ribu pasukan NATO beserta keluarganya. 

Tahap awal pembangunan adalah pembuatan jalan akses dan jaringan listrik di sekitar pangkalan militer. Kemudian, beberapa landasan pacu pesawat baru akan dibangun untuk dapat dilandasi beberapa tipe pesawat tempur. 

Komandan Pangkalan Mihail Kogalniceanu Nicolae Cretu mengatakan bakal ada perawatan hangar, tempat penyimpanan BBM, amunisi, peralatan tempur, peralatan teknis aviasi, simulator, tempat makan, akomodasi dan lainnya. 

Baca Juga: Pengiriman Pasukan NATO ke Ukraina Bisa Picu Perang Dunia III

2. Rumania terus mendekatkan diri dengan NATO dan AS

Rumania Bangun Pangkalan Militer NATO Terbesar di Eropailustrasi bendera Rumania dan Amerika Serikat (twitter.com/AngelTilvar)

Dalam beberapa tahun terakhir, Rumania terus mendekatkan diri dengan NATO. Mereka khawatir soal melebarnya konflik antara Rusia-Ukraina ke teritori negaranya di tengah persaingan NATO dan Rusia. 

"Rumania sudah membangun pertahanan bagian timur NATO dan Uni Eropa (UE). Rumania adalah dan akan selalu menjadi sekutu terdekat Amerika Serikat (AS) yang berdedikasi pada stabilitas dan kedamaian di Eropa Tengah dan Timur," ungkap Perdana Menteri Marcel Ciolacu. 

"Memperkuat kerja sama antara Rumania dan AS dalam sektor ekonomi dan pertahanan adalah prioritas utama kami. Sudah ada beberapa upaya yang digunakan dan berguna untuk memperkuat pertahanan bagian timur NATO. Saya mengapresiasi pengiriman pasukan AS di Rumania," sambungnya. 

Ciolacu mengatakan, negaranya sudah siaga sepanjang hari dalam mengadang pengaruh dan intervensi Rusia. Ia pun mengaku berhasil mengadang dan menggagalkan sejumlah serangan hybrid dari Rusia. 

3. Presiden Rumania mencalonkan sebagai Sekretaris Jenderal NATO

Pekan lalu, Presiden Rumania Klaus Iohannis mengatakan akan maju sebagai kandidat Sekretaris Jenderal NATO. Ia merasa bahwa pengalaman dari kedekatan negaranya dengan Ukraina dan ancaman dari Rusia mendorongnya untuk mencalonkan diri. 

"Rusia masih menjadi ancaman serius dan jangka panjang bagi benua kita dan keamanan Euro-Atlantic. Di tengah kondisi ini, perbatasan NATO menjadi yang terpenting dan penguatan perbatasan bagian timur akan tetap menjadi prioritas jangka panjang," ungkapnya, dikutip Associated Press.

Iohannis percaya perspektif baru dan tantangan negara-negara Eropa Timur bisa menjadi langkah untuk menghadapi agresi Rusia. Ia menyebut negara di Eropa Timur khawatir akan pengaruh Rusia berkat kenangan masa lalu di bawah pengaruh Uni Soviet. 

Rumania sudah bergabung menjadi anggota NATO sejak 2004 dan menjadi negara yang punya peranan penting dalam aliansi belakangan ini karena dekat dengan Ukraina. Tak heran, Rumania dipilih menjadi lokasi KTT NATO pada November 2022 lalu. 

Baca Juga: Presiden Ceko: Tentara NATO di Ukraina Tidak Melanggar Hukum

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya