Tingkatkan Minat Vaksinasi, Slovakia Berencana Buat Lotre

Sebagai upaya mempercepat vaksinasi COVID-19

Bratislava, IDN Times - Pemerintah Slovakia akan memberlakukan kebijakan baru untuk meningkatkan minat masyarakat dalam vaksinasi COVID-19. Rencananya pemerintah akan memberikan hadiah lotre vaksinasi secara mingguan bagi semua orang yang bersedia divaksinasi. 

Kebijakan pengadaan hadiah demi mendorong minat vaksinasi juga dilakukan Yunani dengan memberikan berupa uang bagi penduduk dewasa muda dan bisa dipergunakan sebagai hiburan. 

1. Adakan lotre berhadiah hingga Rp34,3 miliar

Tingkatkan Minat Vaksinasi, Slovakia Berencana Buat LotrePM Slovakia, Igor Matovic saat berpidato. twitter.com/i_matovic/

Menteri Keuangan Slovakia, Igor Matovič pada hari Kamis (01/06/2021) mengungkapkan ide baru demi memotivasi penduduk di negaranya ikut dalam program vaksinasi COVID-19. Langkah baru yang akan dilakukan Pemerintah Slovakia berupa mengadakan lotre vaksinasi yang diadakan setiap minggu dengan hadiah mencapai 2 juta euro atau Rp34,3 miliar.

Pemerintah meyakini langkah ini dapat mempercepat proses vaksinasi COVID-19 dan mempercepat herd immunity atau kekebalan komunitas di masyarakat. Rencana tersebut akan dirumuskan dalam rapat parlemen setelah masuknya varian Delta asal India ke Slovakia, dilansir dari RT

2. Pemerintah juga akan memberikan bonus bagi siapapun yang mengajak vaksinasi

Dikutip dari The Slovak Spectator, bantuan finansial lain rencananya juga akan diberikan kepada orang yang mengajak siapapun untuk vaksinasi. Namun seseorang yang diajak untuk ikut program vaksinasi diharuskan berusia lebih dari 18 tahun dan paling tidak sudah mendapatkan satu suntikan dosis vaksin antara 1 Juli hingga 31 Oktober 2021. 

Sementara bonus bagi seseorang mediator ini akan tergantung pada usia orang yang diajak. Apabila seseorang berhasil mengajak orang berusia 50 tahun ke bawah, maka akan mendapatkan uang sebesar 30 euro atau Rp514 ribu. Sedangkan usia antara 50-60 tahun akan mendapatkan 60 euro atau Rp1 juta dan usia di atas 60 tahun akan memperoleh 90 euro atau Rp1,5 juta. 

Menkeu Igor Matovic juga berencana untuk membuat website bagi setiap orang yang sudah divaksinasi agar dapat mendaftar. Penduduk yang sudah divaksinasi akan mendapatkan kode yang nantinya diberikan kepada pihak mediator. 

Baca Juga: Pemenang Lotre di Jamaika Kenakan Topeng Saat Terima Hadiah

3. Partisipasi vaksinasi COVID-19 di Slovakia cukup rendah

Inisiatif untuk memberikan hadiah lotre setiap minggunya beserta bantuan bagi mediator yang mengajak seseorang untuk vaksinasi sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19. Selama ini Slovakia diketahui sebagai salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Uni Eropa, di mana baru sekitar 29 persen penduduknya mendapat suntikan vaksin penuh, dilaporkan dari Euractiv

Menkeu Igor Matovič yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri itu menyebut jika lebih baik menganggarkan 100 juta euro untuk membantu program vaksinasi daripada mengalami krisis ekonomi akibat gelombang ketiga pandemik. Matovic sudah bekerja untuk membuat proposal selama satu bulan dan dibantu oleh dukungan koalisi diharapkan proposal dapat diterima, dilaporkan dari The Slovak Spectator

Baca Juga: Tingkatkan Vaksinasi, Ohio Gelar Undian Lotre 1 Juta Dolar AS

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya