Waduh, Ribuan Wanita Hamil Asal Rusia Masuki Argentina

Ini alasannya!

Jakarta, IDN Times - Badan Imigrasi Argentina, pada Jumat (10/2/2023), menyelidiki masuknya belasan perempuan hamil asal Rusia. Pihaknya mencurigai warga Rusia yang datang sebagai turis itu berniat melahirkan di negaranya, supaya anaknya mendapat status kewarganegaraan. 

Setelah pecahnya perang Rusia-Ukraina, ribuan warga Rusia yang menolak perang khawatir dengan isolasi internasional. Banyak dari mereka yang melarikan diri ke berbagai negara. Salah satu tujuan utamanya adalah ke Amerika Latin yang tidak memberlakukan visa pada warga Rusia.

1. Sebanyak 18 perempuan Rusia sudah ditahan di Bandara Ezeiza

Dalam beberapa bulan terakhir, penyelidikan dimulai untuk menjawab pertanyaan kenapa banyak wanita hamil beserta suaminya tiba di Bandara Internasional Ezeiza, Buenos Aires. Pada pekan ini, diketahui sudah ada 18 perempuan hamil yang tiba di Argentina. 

Badan Imigrasi Argentina, dilansir Meduza, mengatakan bahwa pihaknya telah menahan satu perempuan hamil pada 7 Februari, dua orang pada 8 Februari, dan 15 orang pada 9 Februari. Semua perempuan itu datang bersama keluarganya. 

Sedangkan pada Jumat kemarin, otoritas Argentina mengatakan ada 10 perempuan hamil asal Rusia yang ditahan sementara di Bandara Ezeiza.

Mereka masih diperiksa terkait kemungkinan berwisata untuk melahirkan di Argentina agar anak mereka mendapatkan status kewarganegaraan. Diketahui sudah ada dua perempuan yang menuntut otoritas imigrasi dan memenangkannya di pengadilan. 

Baca Juga: Ukraina Sebut Misil Rusia Lintasi Langit Rumania dan Moldova

2. Terdapat lebih dari 10 ribu perempuan hamil Rusia yang masuk ke Argentina

Kepala Badan Imigrasi Argentina, Florencia Carignano, mengatakan beberapa perempuan asal Rusia tersebut menuntut otoritas setempat. Hakim juga sudah memberikan lampu hijau dan memperbolehkan mereka masuk ke Argentina. 

Carignano mengungkapkan bahwa masuknya wanita hamil ke Argentina merupakan fenomena dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan, jumlah turis hamil asal Rusia terus meningkat setiap harinya. 

"Jumlahnya sangat besar setiap harinya. Semalam lalu, penerbangan Ethiopian Airlines membawa 33 warga Rusia yang tengah hamil. Mereka diperkirakan sedang mengandung pada minggu ke-32, 33, atau 34," tutur Carignano, dikutip Associated Press.

"Dalam satu tahun terakhir, sebanyak 21.757 warga Rusia masuk ke Argentina dan 10.500 di antaranya adalah wanita hamil. Namun, jumlahnya meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Dalam 3 bulan terakhir, 5.819 perempuan yang akan melahirkan masuk ke Argentina," tambah dia. 

Carignano menegaskan bahwa Argentina terbuka dengan imigran. Namun, ia ingin memastikan bahwa warga Rusia tersebut memang berniat menetap di negaranya dan tidak hanya membutuhkan paspornya. Ini setelah ditangkapnya dua orang berpaspor Argentina di Slovenia atas dugaan mata-mata Rusia. 

3. Permintaan perjalanan dari Rusia ke Argentina meningkat

Dilaporkan The Guardian, Eva Pekurova, perempuan asal Rusia yang menyediakan jasa layanan perjalanan ke Argentina, mengaku negara Amerika Selatan itu tengah menjadi tujuan utama sekarang. Ini karena Argentina tidak memberlakukan visa bagi warga Rusia.

Setelah melahirkan anaknya di Argentina, maka anak mereka otomatis akan mendapatkan status kewarganegaraan di sana. Sementara, punya anak berpaspor Argentina akan mempercepat proses pengajuan kewarganegaraan kepada orang tuanya.  

Selain itu, pengajuan izin tinggal di Argentina juga tidak sulit dan langsung bisa dilakukan saat sudah sampai. Keuntungan lain memiliki kewarganegaraan Argentina adalah dapat bepergian tanpa visa ke 171 negara, termasuk Uni Eropa (UE), Inggris Raya, dan Jepang. 

Apabila menjadi warga Argentina, maka semakin mudah bagi mereka untuk memperoleh visa ke Amerika Serikat (AS). Bahkan, mereka berkesempatan memperoleh visa untuk tinggal selama 10 tahun di negeri Paman Sam. 

Baca Juga: Bulgaria Akan Veto Sanksi Uni Eropa yang Sasar Energi Nuklir Rusia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya