Wali Kota di Michoacan, Meksiko Ditembak Mati Orang Tak Dikenal

Dibunuh usai kedatangan militer Meksiko di Michoacan

Jakarta, IDN Times - Seorang wali kota di Aguililla, Michoacan bernama César Arturo Valencia Caballero ditemukan tewas pada Kamis (10/3/2022). Kejadian ini cukup mengejutkan lantaran terjadi hanya beberapa hari ketika kota itu dikunjungi oleh rombongan militer Meksiko. 

Dilansir BBC, kabar kematian Valencia Caballero ini juga sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh Gubernur Michoacan, Alfredo Ramirez Bedolla. 

"Kami memrotes keras kematian wali kota ini. Saya memberikan instruksi agar kasus pembunuhan ini diinvestigasi secara mendalam. Maka nantinya dapat diklarifikasi secepat mungkin dan pelaku mendapat hukuman yang setimpal" ujar Ramirez Bedolla. 

1. Pembunuhan terjadi ketika Valencia Caballero hendak pulang kerja

Wali Kota di Michoacan, Meksiko Ditembak Mati Orang Tak DikenalMobil yang ditumpangi Wali Kota Aguililla, César Arturo Valencia Caballero. (twitter.com/MuySuFrida)

Menurut keterangan dari Gilberto Vergara selaku pastor Katotik yang melakukan mediasi damai di Aguililla mengonfirmasi jika wali kota dibunuh tepat pada pukul 15.30 waktu setempat. Ia dibunuh ketika sedang mengendarai mobil van milik pemerintah saat melintasi gedung olahraga di area pusat kota. 

Valencia Caballero yang memenangkan pemilu pada 6 Juni 2021 mendapatkan dua kali tembakan di bagian dada dan lehernya. Hal itu membuatnya tewas seketika dan ditemukan masih berada di dalam kendaraannya. 

"Saya berada di lokasi kejadian. Saya berada di sebelah jasad Cesar. Pelaku masuk ke dalam kendaraan ini. Namun, ia hanya sendirian dan mereka datang untuk menghentikannya. Mereka kemungkinan mendekatinya dan sempat berbicara padanya sebelum menembakknya" ujar Vergara, dikutip dari La Prensa Latina

2. Sudah ada 16 wali kota yang tewas akibat kekerasan dari kartel narkoba

Dilaporkan CBS News, wali kota dan politikus lokal di Meksiko sudah kerap menjadi korban kekerasan yang berhubungan dengan kasus korupsi dan maraknya perdagangan narkoba yang bernilai hingga miliaran dolar. 

Kasus pembunuhan Valencia Caballero ini membuat setidaknya ada 16 wali kota yang dibunuh dalam kurun waktu enam tahun terakhir di Meksiko. Bahkan, angka itu menunjukkan kenaikan 23 persen dibandingkan periode pemerintahan eks Presiden Enrique Peña Nieto. 

Di sisi lain, Aguililla diketahui sebagai tempat kelahiran pemimpin CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación), Nemesio Oseguera Cervantes alias El Mencho. Kota yang dihuni oleh sekitar 14 ribu penduduk itu sudah dikuasai CJNG dalam beberapa tahun terakhir, hingga kedatangan militer Meksiko sejak awal tahun ini. 

Organisasi kriminal yang bermarkas di Jalisco itu disebut sebagai salah satu kartel narkoba terbesar dan terkuat di Meksiko. Bahkan, Pemerintah AS mengklaim CJNG sebagai salah satu dari lima organisasi kriminal transnasional terbesar di dunia. 

Baca Juga: Jurnalis Kriminal di Zacatecas Tewas Ditembak, Kasus Ketujuh Meksiko!

3. Polisi Michoacan temukan lima jasad usai pertempuran antar kartel narkoba

Pada hari yang sama, Kepolisian Michoacan sudah menemukan lima jasad orang tak dikenal di wilayah Nuevo Parangaricutiro. Selain itu, polisi setempat juga sudah menahan sebanyak 32 terduga pelaku pembunuhan, beserta 40 senjata api, termasuk senapan mesin dan bahan peledak. 

Berdasarkan potongan rekaman video dari sosial media yang sempat viral di Meksiko menunjukkan truk yang dimodifikasi dengan senapan mesin tengah menembakkan ke arah lawannya di Parangaricutiro. Diduga aksi itu terjadi lantaran adanya pertempuran antara CJNG dan Carteles Unidos atau Los Viagras. 

Nuevo Parangaricutiro sudah menjadi lokasi utama antara Carteles Unidos dan kartel rival beserta pasukan warga lokal untuk mempertahankan area pertaniannya. Pasalnya, dua organisasi kriminal itu kerap memeras para petani avokad, dikutip dari Associated Press

Menurut informasi dari Departemen Keamanan dari Pemerintah Michoacan menyebut jika wilayah Tierra Caliente di Michoacan yang terdiri dari 10 daerah sudah menjadi lokasi utama kasus kekerasan akibat aktivitas CJNG, La Familia Michoacana dan Knights Templar. 

Baca Juga: Bentrokan Brutal Antar Suporter Pecah di Meksiko, 3 Kritis

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya