Dinilai Tak Adil, Sekelompok Pria Ancam News Anchor Meksiko

Peristiwa pembunuhan jurnalisme sering terjadi di sana

Mexico City, IDN Times - Sekelompok pria bersenjata yang mengenakan topeng pada hari Senin, 9 Agustus 2021, waktu setempat mengancam pembawa berita di salah satu televisi Meksiko karena dianggap tidak adil. Peristiwa pembunuhan terhadap jurnalisme sudah seringkali terjadi di sana. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ketika itu, ia meliput pertempuran sesama kartel narkoba

Dilansir dari The Guardian, pria bertopeng yang mengaku mewakili kartel narkoba paling kuat di Meksiko telah mengambil langkah tidak biasa dengan mengedarkan video yang mengancam akan membunuh pembawa berita televisi setempat atas apa yang mereka pandang sebagai liputan yang tidak adil. Video yang beredar pada hari Senin, 9 Agustus 2021, waktu setempat ini menunjukkan pria bertopeng dan bersenjata lengkap mengelilingi seorang pria yang duduk di meja kecil dengan menyampaikan pesan yang katanya berasal dari pemimpin kartel Jalisco New Generation, Ruben Oseguera Cervantes alias "El Mencho". Belum diketahui apakah orang yang membaca pesan itu adalah Oseguera sendiri.

Pesan tersebut mengeluhkan bahwa saluran televisi berita nasional setempat, Milenio Television, mendukung apa yang disebut kelompok bela diri yang memerangi kartel Jalisco di Negara Bagian Michoacan, Meksiko. Dia memilih jangkar Mileno Azucena Uresti, mengancam akan membunuhnya serta membuatnya memakan kata-katanya. Pria itu menuduh kelompok main hakim sendiri sebenarnya adalah pengedar narkoba, satu-satunya organisasi yang mampu membeli persenjataan yang dimiliki oleh pasukan tersebut.

Pesan tersebut menyebutkan Hipolito Mora, yang mengorganisir pasukan pertahanan diri di Michoacan hampir satu dekade sebelumnya, tetapi yang baru-baru ini menjauhkan diri dari kelompok tersebut, serta kelompok kriminal yang beroperasi di negara bagian tersebut, kelompok Los Viagras.

2. Perwakilan kartel Jalisco hanya ingin peliputan berita yang merata

Dinilai Tak Adil, Sekelompok Pria Ancam News Anchor MeksikoIlustrasi berita media cetak. (Pixabay.com/stevepb)

Perwakilan kartel Jalisco mengatakan dalam pesannya bahwa dia tidak ingin menghalangi kebebasan berekspresi, tetap hanya ingin peliputan berita yang merata. Milenio Television dan Uresti masih belum memberikan komentar terkait peristiwa ini. Juru bicara Kepresidenan Meksiko, Jesus Ramirez Cuevas, mengatakan bahwa pemerintah Meksiko akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi jurnalis dan outlet berita yang terancam.

Menurut Administrasi Penegakan Narkoba Amerika Serikat, kelompok Jalisco New Generation merupakan salah satu organisasi kriminal internasional yang tumbuh paling cepat di Meksiko serta di antara produsen metamfetamin paling produktif di dunia. Ia bertanggung jawab atas sebagian besar narkoba yang memasuki Amerika Serikat dan meningkatkan tingkat kekerasan di Meksiko dengan "El Mencho" sebagai pemimpin yang
tak terbantahkan. Ancaman itu mendorong ekspresi dukungan dari para jurnalis di seluruh Meksiko, yang sering menjadi sasaran kematian oleh kartel.

Baca Juga: Meksiko Tuduh Pembuat Senjata AS Lalai dalam Distribusi

3. Sebanyak lebih dari 100 jurnalis Meksiko tewas dibunuh sejak tahun 2000 lalu

Dinilai Tak Adil, Sekelompok Pria Ancam News Anchor MeksikoIlustrasi para jurnalis saat meliput berita. (Pixabay.com/Engin_Akyurt)

Kasus pembunuhan jurnalisme di Meksiko seringkali terjadi yang menjadikan Meksiko sebagai salah satu negara paling mematikan di dunia bagi profesi jurnalis. Seorang editor berita bernama Gustavo Sanchez telah ditembak mati oleh penyerang tak dikenal saat mengendarai sepeda motor di Oaxaca, Meksiko, pada bulan Juli 2021 lalu. Di bulan yang sama, jurnalis lain bernama Enrique Garcia juga tewas meskipun tidak jelas apakah kematiannya itu terkait dengan pekerjaannya.

Lebih dari 100 jurnalis di Meksiko telah tewas dibunuh sejak tahun 2000 lalu, di mana penyelidikan korupsi politik atau kartel barang-barang terlarang yang kuat dapat berakibat fatal. Hanya sebagian kecil diantaranya dari kejahatan itu yang pada akhirnya membuahkan hukuman kepada pelaku. Untuk saat ini, Meksiko berada di peringkat 143 dari 180 negara di dunia dalam indeks Kebebasan Pers Dunia tahun 2021 ini.

Baca Juga: Meksiko Akan Kirimkan Makanan dan Alat Medis ke Kuba

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya