10 Orang Meninggal Dunia Saat Hadiri Upacara Pemakaman di Peru

Apa penyebab di balik peristiwa ini?

Lima, IDN Times - Suasana upacara pemakaman biasanya diliputi rasa duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun, suasana pada saat upacara pemakaman di Peru kembali menambah rasa duka yang mendalam. Pasalnya, sebanyak 10 orang tewas keracunan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pihak berwenang menduga makanan yang dikonsumsi mereka mengandung kontaminasi

10 Orang Meninggal Dunia Saat Hadiri Upacara Pemakaman di Perutwitter.com/STForeignDesk

Dilansir dari Channelnewsasia.com, 10 orang dikabarkan tewas serta 50 orang langsung dilarikan ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Mereka sebelumnya memakan sup daging yang ditawarkan oleh seorang pria lokal. Menurut pihak berwenang menduga makanan yang disantap oleh mereka telah terkontaminasi sebelumnya.

Untuk korban tewas, akan dilakukan otopsi penyebab kematian seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pertahanan Peru, Jorge Chavez. Insiden ini terjadi sebulan setelah insiden ratusan anak sekolah Peru yang juga mengalami hal sama, setelah menkonsumsi sarapan yang disediakan di 12 sekolah di wilayah provinsi Canete, Peru.

2. Apakah itu racun organofosfat?

10 Orang Meninggal Dunia Saat Hadiri Upacara Pemakaman di Perutwitter.com/STForeignDesk

Menteri Kesehatan Peru, Silvia Pessah, menduga makanan sup daging yang dikonsumsi oleh mereka mengandung racun organofosfat. Dilansir dari Idai.or.id, organofosfat adalah zat kimia sintesis yang biasanya terkandung pada pestisida untuk membunuh hama.

Selain itu, organofosfat juga digunakan dalam produk pembasmi nyamuk serta serangga lainnya. Jika seseorang keracunan organofosfat dapat menimbulkan terhambatnya enzim kolinesterase. Maksudnya adalah dapat berpengaruh besar pada sistem saraf, jantung, serta berbagai kelenjar dan otot polos pada saluran pernapasan.

3. Kasus keracunan organofosfat juga pernah terjadi di India

10 Orang Meninggal Dunia Saat Hadiri Upacara Pemakaman di PeruTaburcu.NET

Dilansir dari Telegraph, peristiwa yang disebabkan oleh racun organofosfat juga pernah terjadi di India. Pada saat itu, sebanyak 23 anak sekolah India dikabarkan tewas setelah mengonsumsi makanan yang mengandung organofosfat. Mereka sebelumnya mengikuti program makan siang bersama yang dibagikan oleh pemerintah setiap harinya.

Pada saat itu, mereka mengkonsumsi nasi, kacang dal, dan kacang kedelai. Sebagian besar korban tewas masih berusia 11 tahun dan baru mengeluhkan rasa sakit perut ketika pulang dari sekolah.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya