Comscore Tracker

Kasus COVID-19 di Brazil Melonjak, Tiongkok Tawarkan Bantuan

Brazil belum melakukan Lockdown nasional

Jakarta, IDN Times - Presiden Brazil Jail Bolsonaro melakukan pertemuan diplomatik dengan Tiongkok pada Selasa (24/3). Bolsonaro menyetujui undangan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, untuk membahas mengenai penanganan bersama COVID-19 saat kota terbesar Brazil Sao Paulo memasuki hari pertama lockdown.

Sebelum adanya pertemuan diplomatik antara Brazil dan Tiongkok, terjadi perselisihan antara putra Bolsonaro dengan duta besar Tiongkok untuk Brazil, Yan Wanming. Presiden Brazil juga mendapat kritikan karena lambat dalam menangani COVID-19 sehingga jumlah kasus di Brazil semakin melonjak.

1. Kasus COVID-19 di Brazil meningkat karena pemerintah lambat menangani

Kasus COVID-19 di Brazil Melonjak, Tiongkok Tawarkan BantuanPresiden Brasil Jair Bolsonaro memperbaiki maskernya saat memberikan keterangan media mengenai langkah pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19 di Brasilia, Brasil, Rabu (18/3/2020) (ANTARA FOTO/Adriano Machado)

Sebelum pertemuan diplomatik, putra dari Bolsonaro, Eduardo pekan lalu sempat berselisih dengan duta besar Tiongkok untuk Brazil, Yan Wanming. Eduardo me-retweet pernyataan Yan yang menyebut keluarga Bolsonaro sebagai racun besar, sebelum Yan menghapusnya. Yan mendapat teguran dari Menteri Luar Negeri Brazil, yang mengatakan seorang duta besar tidak pantas untuk melakukan hal seperti itu.

Bolsonaro sendiri telah mendapatkan kritikan pedas atas dirinya yang dianggap tidak serius dalam menghadapi COVID-19. Bahkan ia menyebutnya sebagai flu kecil dan meremehkan pedoman isolasi sosial. Tingkat kepuasan publik terhadapnya merosot ke level terendah sejak ia menjabat.

Akibat lambatnya penanganan COVID-19 di Brazil, hingga kini, terdapat lebih dari 2.200 kasus dan jumlah kematian 46 orang. Seorang pejabat Kementerian Kesehatan Brazil Wanderson de Oliveira mengatakan bahwa Brazil akan memperluas pengujian dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga: Mencontoh Brazil, Jokowi Ingin Sukses Kembangkan Biodiesel Sawit 

2. Tiongkok siap untuk membantu Brazil dalam menangani COVID-19

Kasus COVID-19 di Brazil Melonjak, Tiongkok Tawarkan Bantuantwitter.com/jairbolsonaro

Bolsonaro mengatakan di Twitter, bahwa pertemuannya dengan Xi Jinping pagi itu membahas tentang bagaimana menumbuhkan hubungan perdagangan kedua negara. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Brazil dan pembeli utama kedelai, daging sapi, dan komoditas mentah mereka.

Dilansir dari CNA, pembicaraan Xi dan Bolsonaro juga membahas masalah terkait kerja sama dalam pasokan medis. Namun, Bolsonaro tidak menjelaskan lebih lanjut di cuitan Twitternya.

Sumber diplomatik Tiongkok mengatakan Tiongkok akan memberi bantuan kepada Brazil. Tiongkok telah berhasil dalam menjinakkan virus melalui langkah-langkah lockdown yang ketat. Tiongkok akan memberi bantuan materi dan teknis kepada Brazil.

3. Perekonomian Brazil memburuk akibat COVID-19

Kasus COVID-19 di Brazil Melonjak, Tiongkok Tawarkan BantuanWisatawan memakai masker pelindung di Bandara Internasional Galeao di RIo de Janeiro, Brazil, setelah laporan kasus virus korona baru, Jumat (6/3/2020) (ANTARA FOTO/Ricardo Moraes)

Pemerintah negara bagian telah memerintahkan untuk menutup semua layanan bisnis yang tidak penting di Sao Paulo, kota terbesar di negara itu. Sedangkan, bus dan restoran yang menjual makanan bisa dibawa pulang, masih tetap beroperasi.

Pekerjaan konstruksi juga masih diizinkan untuk berlanjut dalam upaya untuk menghindari keruntuhan ekonomi di pusat keuangan Brazil.

"Ini adalah kekhawatiran konstan, karena kami memiliki pekerja yang harus dibayar. Jika dihentikan dan tidak ada solusi keuangan, perusahaan akan bangkrut," ujar salah seorang pebisnis kontruksi kecil, Antonio Lima, 50.

Prospek ekonomi Brazil memburuk semenjak adanya pandemi COVID-19. Brazil sendiri merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin. Di tengah pandemi, kepercayaan konsumen jatuh ke level terendah tiga tahun pada Maret.

Baca Juga: Di Tengah COVID-19, Puluhan Ribu Orang Padati Festival Musik Meksiko

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya