Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga Politisi

Justin jadi trending topic usai umumkan perceraiannya

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengumumkan kabar perceraiannya dari sang istri, Sophie Gregoire, setelah 18 tahun menikah. Pemimpin yang dikenal hangat oleh publik ini pun, disorot warganet dunia hingga menjadi trending topic di Twitter.

Kabar perceraian dibagikan langsung oleh Trudeau, lewat Instagram pribadinya, Rabu (2/8/2023).

"Halo semuanya, Sophie dan saya akan berbagi fakta, setelah pembahasan penuh makna dan sulit, kami telah membuat keputusan untuk berpisah. Seperti biasa, kami tetap menjadi keluarga yang akrab dengan rasa menghargai dan cinta yang mendalam satu sama lain, untuk apa yang telah kami bangun dan akan terus kami bangun. Demi kebaikan anak-anak, kami meminta Anda menghormati privasi kami dan mereka" kata Trudeau melalui akun Instagram pribadinya, @justinpjtrudeau.

Berikut profil serta rekam jejak Justin Trudeau yang dihimpun IDN Times.

Baca Juga: Perjalanan Cinta PM Kanada Justin Trudeau, Cerai Usai 18 Tahun Nikah

1. Lahir dari keluarga politisi

Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga PolitisiPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat berbicara di World Economic Forum di Davos, Swiss, pada 25 Januari 2018. YouTube/World Economic Forum

Justin Pierre James Trudeau atau yang lebih dikenal dengan Justin Trudeau, merupakan pria kelahiran Ottawa, Ontario, 25 Desember 1971. Justin Trudeau merupakan Perdana Menteri Kanada ke-23, yang dilantik pada 19 Oktober 2015. Saat itu, Justin berusia 43 tahun.

Dia adalah anak dari pasangan Pierre Elliot Trudeau dan Margare Trudeau, Fyi, Pierre juga pernah menjabat sebagai PM Kanada ke-15 pada periode 1968 hingga 1984.

Dia menikah dengan Sophie Gregoire pada Mei 2005, setelah dua tahun berpacaran. Namun, sebenarnya Justin dan Sophie sudah mengenal sejak masa sekolah. Dari pernikahan itu, mereka memiliki tiga orang anak Xavier, Ella-Grace, dan Hadrien.

Baca Juga: 10 Potret Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada Idola Para Milenial

2. Pernah menjadi guru

Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga PolitisiPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf)

Justin Trudeau mempunyai gelar bachelor of arts dalam bidang sasatra dari McGill University, dan gelar Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia. Dia juga pernah mengejar gelar Master of Arts dalam bidang geografi lingkungan di McGill University, sebelum akhirnya melanjutkan kariernya ke bidang lain.

Setelah mendapatkan gelar, Trudeu pernah menjadi guru ilmu sosial dan bahasa Prancis di sebuah SMA di Vancouver.

Justin berpolitik sejak muda, dalam pemilihan federal 2008 Justin dipilih untuk mewakili penunggangan Papineau di House of Commons, sampai akhirnya ia terpilih sebagai PM Kanada.

3. Seorang feminis

Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga PolitisiJustin Trudeau, PM Kanada (instagram.com/justinpjtrudeau)

Nama Justin Trudeau tidak selalu dipuji karena kebijakan-kebijakannya. Ia jauh lebih terkenal sebagai seorang perdana menteri tampan, punya selera humor yang baik, serta laki-laki pendukung feminisme.

"Aku akan terus berkata bahwa aku seorang feminis," ujarnya di forum PBB yang membahas isu-isu perempuan pada 2016.

Ia juga pernah menyerukan agar para orangtua membesarkan anak-anak mereka, terutama laki-laki, sebagai feminis untuk mengubah "budaya seksisme".

Walau begitu, tak semua yang dikatakan Trudeau dianggap benar. Misalnya, Oxfam Canada merilis laporan pada 2017, bahwa bentuk feminisme Trudeau hanya unggul di satu area: kepemimpinan dan representasi perempuan.

Kabinet yang dibentuk Trudeau memang seimbang dalam jumlah menteri perempuan dan laki-laki. Namun, mereka tak berasal dari kelompok minoritas dan sudah memiliki kekuasaan sebelum masuk ke pemerintahan.

4. Beberapa fakta mengenai Justin Trudeau

Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga PolitisiJustin Trudeau, PM Kanada (instagram.com/justinpjtrudeau)

Berikut ini beberapa fakta lain mengenai Justin Trudeau yang dirangkum dari berbagai sumber:

  • Justin Trudeau pernah naik ke ring dan menjadi petinju untuk semalam melawan politisi lain, dengan tujuan untuk menggalang dana sumbangan untuk organisasi sosial.
  • Justin Trudeau pernah menjadi aktor beberapa serial TV Kanada di tahun 2006 dan 2007.
  • Justin menjadi PM pertama yang memiliki tato. Ia memiliki tato bergambar bumi di bahu kiri dan simbol seekor burung yang berasal dari mitologi Haida.
  • Saat salah satu aktor Star Trek yang sangat dihormati bernama Leonard Nimoy meninggal beberapa waktu lalu, Justin memposting foto dirinya membuat simbol tangan "Live Long and Prosper" khas Star Trek untuk menghormati aktor tersebut.

Baca Juga: Pasangan Serasi nan Idaman, 10 Kemesraan Justin Trudeau dan Istri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya