5 Orang Tewas dan 38 Luka-luka akibat Kecelakaan Bus di India

Sopir bus diduga mabuk

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya lima orang tewas dan sekitar 38 lainnya terluka akibat kecelakaan bus di negara bagian Odisha, India, pada Senin (15/4/2024).

Dilansir India Today, bus yang membawa sekitar 50 penumpang itu jatuh dari jalan layang di distrik Jajpur sekitar jam 9 malam. Bus tersebut sedang dalam perjalanan menuju Digha di Benggala Barat dari Cuttack ketika kecelakaan terjadi. 

“Empat pria dan seorang wanita tewas dalam kecelakaan itu. Sekitar 40 orang terluka, dan mereka dibawa ke Cuttack SCB Medical College," kata polisi setempat.

Kepala Petugas Medis Distrik Jajpur melaporkan bahwa sopir bus berada dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Miliarder India Bertambah, Mukesh Ambani Tetap Paling Kaya

1. Sebanyak 16 ambulans dikerahkan

Operasi penyelamatan dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dengan dibantu warga setempat. Alat pemotong logam digunakan untuk menyelamatkan penumpang yang terjebak di dalam bus.

Inspektur Polisi Jajpur, tim dokter dan pejabat pemerintah distrik lainnya ikut hadir di lokasi kecelakaan untuk mengawasi operasi penyelamatan tersebut.

Komisaris Transportasi, Amitav Thakur, mengatakan bahwa 16 ambulans dikerahkan untuk mengangkut para korban luka ke Cuttack.

"Operasi penyelamatan telah berakhir, sementara bus diangkat dengan derek," tambahnya.

2. Sopir bus diduga berada dalam pengaruh alkohol

Menurut penuturan saksi mata, sopir bus diduga kehilangan kendali atas kendaraan tersebut lantaran berada dalam pengaruh alkohol.

“Kami berada di halte terdekat, kami melihat sopir bus mengemudi ugal-ugalan dan mengemudi bus secara acak. Kami menduga pengemudi tersebut meminum minuman keras saat mengemudi,” kata warga setempat.

Baca Juga: India Imbau Warganya Tidak Lakukan Perjalanan ke Iran-Israel

3. Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di India

Sementara itu, Ketua Menteri Odisha, Naveen Patnaik, mengungkapkan kesedihannya atas tragedi tersebut. Ia juga mengumumkan kompensasi sebesar 300 ribu rupee (sekitar Rp57,9 juta) kepada masing-masing keluarga korban yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Dikutip CTV News, kecelakaan lalu lintas yang mematikan sering terjadi di India. Hal ini biasa disebabkan oleh pengemudi yang ugal-ugalan, jalan yang rusak, dan kendaraan yang sudah tua. Polisi mengatakan bahwa lebih dari 110 ribu orang tewas setiap tahun dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh India.

Baca Juga: India dan Pakistan Dituduh Intervensi Pemilu Kanada

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya