ISIS Tembak Mati Penganut Sikh di Pakistan

Komunitas Sikh kerap menjadi target kekerasan di Pakistan

Jakarta, IDN Times - Sekelompok pria bersenjata menembak mati seorang anggota komunitas Sikh di kota barat laut Peshawar, Pakistan, pada Sabtu malam (24/6/2023).

Gauher Khan, polisi lokal, mengatakan pada Minggu (25/6/2023) bahwa serangan terhadap Manmohan Singh yang berusia 35 tahun diduga merupakan pembunuhan berencana. Namun investigasi saat ini masih berlanjut.

Pria tersebut dilaporkan sedang dalam perjalanan pulang dari daerah pinggiran kota ketika beberapa orang bersenjata melepaskan tembakan ke arahnya. Para penyerang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian.

Polisi mengatakan, Singh sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal oleh para dokter.

1. Pria Sikh lainnya juga ditembak sehari sebelumnya

Melansir Associated Press, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Pihaknya mengatakan Singh telah menjadi pengikut sekte Sikh "politeistik" di Peshawar.

Kelompok tersebut juga mengklaim melukai seorang anggota Sikh di Peshawar pada hari sebelumnya.

Tarlok Singh, yang bekerja sebagai penjaga toko, ditembak oleh orang tak dikenal pada Jumat (23/6/2023), namun dia berhasil selamat. Para penyerang kemudian melarikan diri dari lokasi kejadian.

"Setidaknya tujuh peluru ditembakkan ke arahnya tapi untungnya dia lolos dengan cedera di kakinya," kata penduduk setempat.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Serang Pakistan, 1 Polisi Tewas-5 Terluka

2. Beberapa orang telah ditangkap terkait pembunuhan Singh

Kepala polisi Peshawar Ashfaq Anwar mengungkapkan, petugas keamanan telah menangkap beberapa tersangka sehubungan dengan pembunuhan Singh. Dia mengatakan bahwa mereka hampir menangkap tersangka utama yang terlibat dalam pembunuhan itu.

Sementara investigasi masih berlanjut, polisi telah diarahkan untuk memastikan keamanan seluruh warga di provinsi tersebut. 

Mengutip The Indian Express, sekitar 15 ribu anggota Sikh tinggal di Peshawar. Sebagian besar dari mereka terlibat dalam bisnis, sementara beberapa lainnya juga memiliki apotek.

3. Komunitas Sikh kerap menjadi target kekerasan

Anggota komunitas Sikh yang tinggal di Peshawar telah hidup di bawah ancaman kekerasan terus-menerus. Mereka juga beberapa kali menjadi sasaran kelompok bersenjata dalam beberapa tahun terakhir.

Kematian Singh merupakan kasus pembunuhan ketiga terhadap anggota Sikh tahun ini di Pakistan. Bulan lalu, Sardar Singh dibunuh ketika terjadi penembakan di kota timur Lahore. 

Pada Maret, Dayal Singh juga ditembak mati oleh para penyerang yang tak dikenal ketika dia sedang duduk di dalam tokonya di pasar Dir Colony. Para pria bersenjata masuk ke tokonya dan melepaskan tembakan hingga Singh tewas, sebelum akhirnya melarikan diri.

Baca Juga: 209 Warga Pakistan Jadi Korban Kapal Tenggelam di Laut Yunani

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya