Ledakan Tabung Gas Runtuhkan Bangunan di Pakistan, 6 Orang Tewas

10 lainnya mengalami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya enam orang tewas dan 10 lainnya terluka pada Minggu (9/7/2023) setelah bangunan tiga lantai yang terletak di kota Jhelum, Pakistan utara runtuh akibat ledakan tabung gas.

Wakil Komisaris Jhelum Samiullah Farooq mengatakan bahwa 10 korban luka sejauh ini telah pulih dan dirawat di rumah sakit. Sementara itu, empat hingga lima orang diyakini masih terjebak di dalam reruntuhan.

“Upaya (penyelamatan) sedang dilakukan dan tim kami hadir di sini. Ada laporan bahwa empat hingga lima orang mungkin berada di bawah puing-puing,” kata Farooq.

Ia menambahkan bahwa operasi penyelamatan akan berlanjut hingga orang terakhir yang terperangkap ditemukan dan seluruh lokasi dibersihkan.  

1. Semua dokter dan staf rumah sakit disiagakan

Melansir Dawn, Wakil Komisaris Hassan Tariq mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 09:45 pagi. Tim penyelamat pun segera turun ke lokasi untuk memulai upaya penyelamatan.

Ia menambahkan, semua dokter dan staf telah disiagakan di rumah sakit pusat distrik, di mana para korban terluka diberikan perawatan. Adapun satu pasien yang terluka parah dirujuk ke rumah sakit di Rawalpindi.

Dalam sebuah cuitan, polisi Jhelum mengatakan bahwa Polisi Distrik Nasir Mehmood Bajwa sedang mengawasi upaya penyelamatan, dengan alat berat digunakan untuk memindahkan puing-puing bangunan.

Ia mengatakan bahwa semua sumber daya yang tersedia telah digunakan dalam operasi penyelamatan.

Baca Juga: Pemuda India Dipukuli hingga Dipaksa Jilati Kaki di dalam Mobil

2. Perdana menteri ucapkan belasungkawa

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu sore, Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengungkapkan kesedihan mendalam atas meninggalnya para korban dan menyampaikan belasungkawa kepada kerabat yang berduka.

Dia juga berdoa untuk pemulihan para korban yang terluka dan mengarahkan pihak berwenang untuk memberikan mereka bantuan medis terbaik.

3. Tujuh orang tewas akibat ledakan gas di sebuah van di Pakistan timur

Sehari yang lalu, setidaknya 7 orang tewas dan 14 lainnya terluka ketika tabung gas di mobil van meledak di distrik Sargodha, provinsi Punjab. Korban tewas merupakan satu keluarga yang terdiri dari seorang wanita, putrinya, dan dua cucu perempuannya. 

Mengutip ABC News, kendaraan itu langsung dilalap api setelah tabung gas meledak. Lima penumpang tewas di tempat kejadian, sementara dua lainnya meninggal akibat luka di rumah sakit. Tiga mayat hangus tak bisa dikenali.

Bulan lalu, sedikitnya lima orang, termasuk anak-anak, tewas dan tujuh lainnya terluka dalam tiga ledakan tabung gas terpisah di seluruh negeri.

Baca Juga: Protes Pembakaran Al-Quran di Swedia, Muslim Pakistan Unjuk Rasa

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya