Pria AS Didakwa atas Pembunuhan Anak Perempuan 30 Tahun Silam

Jennifer Odom ditemukan tewas pada 1993

Jakarta, IDN Times - Seorang tahanan berusia 61 tahun telah diidentifikasi sebagai pelaku pembunuhan anak perempuan 12 tahun di Florida, Amerika Serikat (AS), tiga dekade yang lalu. Jennifer Odom tiba-tiba menghilang setelah turun dari bus sekolah pada 1993. Gadis itu ditemukan tewas di sebuah kebun jeruk tidak lama kemudian.

Melansir Associated Press, pihak berwenang di Hernando County mengatakan kecocokan DNA telah membuktikan bahwa Jeffrey Norman Crum sebagai pembunuhnya. Adapun pria tersebut saat ini sedang menjalani dua hukuman seumur hidup atas kasus pelecehan seksual dan percobaan pembunuhan pada 2015.

Baca Juga: 12 Kasus Pembunuhan Berantai yang Belum Terungkap Hingga Kini

1. Pelaku terancam hukuman mati

Jaksa Negara Bill Gladson mengatakan pihaknya akan mengupayakan hukuman mati dalam kasus pembunuhan Odom. “Ini adalah mimpi buruk setiap orang tua,” kata Gladson pada Kamis (27/7/2023), pada konferensi pers di Brooksville, sebuah kota berpenduduk sekitar 7 ribu orang.

“Saya yakin kami memiliki orang yang tepat dan kami memiliki pemerhati yang tepat dalam kasus khusus ini untuk memperlakukannya sebagai kasus hukuman mati."

Gladson menambahkan bahwa dewan juri telah mendakwa Crum atas pembunuhan tingkat pertama, penculikan, dan tuduhan seksual.

Baca Juga: Ricuh Isu Penculikan Anak di Wamena, 9 Orang Meninggal Dunia

2. Truk pickup disebut mengikuti Jennifer saat pulang

Al Nienhuis, sheriff Hernando County, mengatakan para detektif tidak pernah berhenti menyelidiki kasus tersebut meski sudah beberapa dekade berlalu.

“Saya dapat memberi tahu Anda bahwa penyelidikan tidak pernah berhenti,” kata Nienhuis.

Pada 19 Februari 1993, Jennifer turun dari bus sekolahnya sekitar pukul 3 sore di Pasco County, tepat di sebelah selatan Hernando County. Dia kemudian berjalan kaki sekitar 183 meter ke rumahnya, namun dia tidak pernah sampai dengan selamat.

Anak-anak yang berada di dalam bus mengatakan kepada penyelidik, mereka melihat sebuah truk pickup berwarna biru pudar perlahan mengikuti Jennifer saat dia berjalan pulang. Enam hari setelah dia menghilang, gadis itu ditemukan dalam kondisi sudah meninggal di kebun jeruk di Hernando County.

3. Pelaku memiliki banyak riwayat kejahatan

Menurut catatan pengadilan, Crum memiliki beberapa riwayat kejahatan, termasuk perampokan tahun 1981 dan kasus pelecehan seksual tahun 1985 di Hillsborough County.

“Ini bukan seseorang yang harus dianggap enteng. Ini adalah orang jahat yang menikmati kekerasan," kata Nienhuis.

Nienhuis mengatakan DNA yang dikumpulkan dari kasus pelecehan seksual Crum di masa lalu telah memberikan mereka bukti yang cukup untuk mendakwanya atas pembunuhan Jennifer.

“Kita semua, terutama kami yang bekerja di bidang penegakan hukum, dapat menganggap Jennifer sebagai saudara perempuan kami, keponakan kami, cucu perempuan kami dan menyadari, bung, ini adalah tragedi di luar tragedi,” ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Pemerkosa Berantai di London Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya