Tabrakan Bus dengan Truk di India: 11 Orang Tewas dan 12 Terluka

Truk menabrak bus yang berhenti dari arah belakang

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 11 orang tewas dan 12 lainnya terluka akibat truk menabrak bus yang sedang berhenti di jalan raya di negara bagian Rajasthan, India, pada Rabu (13/9/2023).

Polisi mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 4.30 pagi di jalan raya Jaipur-Agra di distrik Bharatpur. Saat itu, bus mengalami mogok di jalan layang akibat kehabisan bahan bakar. Sebagian penumpang dilaporkan turun dan berdiri di belakang kendaraan itu. Tak berapa lama, sebuah truk datang dari arah belakang dan menabrak bus beserta orang-orang tersebut.

“Bus tersebut berdiri di jalan raya saat pekerjaan perbaikan sedang berlangsung. Ada penumpang yang berada di dalam bus dan ada pula yang berdiri di luar saat tabrakan terjadi,” kata Mridul Kachawa, Inspektur Polisi Bharatpur, dikutip NDTV.

Dia mengatakan lima pria dan enam perempuan tewas di tempat.

1. Korban merupakan para peziarah keagamaan

Melansir The Indian Express, pejabat pemerintah Gujarat mengatakan para korban merupakan bagian dari kelompok 57 peziarah yang berasal dari desa Dihor di Tahala taluka, di distrik Bhavnagar. Ada 64 orang di dalam bus tersebut, termasuk sopir bus, kondektur, dan juru masak.

Para peziarah baru selesai mengunjungi Pushkar di Rajasthan, dan sedang dalam perjalanan ke Gokul-Mathura di Uttar Pradesh ketika kecelakaan itu terjadi.

Baca Juga: Wabah Virus Nipah, India Tutup Sekolah dan Kantor di Kerala 

2. Pejabat sampaikan duka cita

Kepala Menteri Gujarat, Bhupendra Patel, dan Kepala Menteri Rajasthan, Ashok Gehlot, mengungkapkan keprihatinan mereka atas jatuhnya korban jiwa imbas kecelakaan tersebut.

“Kecelakaan di jalan raya dekat Bharatpur di Rajasthan sangat mengejutkan. Peziarah dari Gujarat kehilangan nyawa dalam kecelakaan itu. Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga yang ditinggalkan. Saya berdoa kepada Tuhan agar korban luka cepat sembuh,” tulis Patel di akun media sosial resminya.

“Kematian 11 orang dalam tabrakan antara bus jamaah yang datang untuk melakukan ziarah keagamaan dari Gujarat dan sebuah bus di Bharatpur sangatlah menyedihkan. Pihak kepolisian sudah berada di lokasi dan korban luka telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” kata Gehlot di media sosial X.

3. Pemerintah Gujarat minta perawatan terbaik bagi warganya yang terluka

Sementara itu, para korban luka-luka telah dilarikan ke rumah sakit terdekat usai insiden tersebut. Pejabat Gujarat telah meminta pemerintah Rajasthan untuk memastikan perawatan terbaik bagi mereka.

“Saya telah berbicara dengan rekan saya di Bharatpur melalui telepon. Demikian pula, komisaris bantuan di Gujarat juga telah menghubungi pemerintah Rajasthan untuk memastikan perawatan terbaik bagi para korban luka dan untuk membawa jenazah orang yang meninggal kembali ke Gujarat,” kata seorang pejabat.

Pemerintah Gujarat juga mengumumkan akan memberikan dana bantuan sebesar 4 lakh rupee (sekitar Rp74 juta) kepada masing-masing keluarga yang meninggal dunia dan 50 ribu rupee (sekitar Rp9 juta) bagi korban luka-luka.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar Perhelatan KTT G20 di India

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya