Tabrakan Kereta Barang dan Truk di Thailand Tewaskan 8 Orang

Empat lainnya mengalami luka-luka, salah satunya kritis

Jakarta, IDN Times - Delapan orang tewas dan lebih dari empat lainnya terluka ketika kereta barang menabrak truk pick-up yang sedang melintasi rel kereta api di Thailand tengah pada Jumat (4/8/2023).

State Railway of Thailand mengatakan bahwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 02.20 dini hari di perlintasan tidak resmi, di distrik Muang, provinsi Chachoengsao.

1. Supir kereta barang telah bunyikan klakson

Pengemudi kereta barang disebut telah membunyikan klakson peringatan saat mendekati perlintasan, namun dia tidak dapat menghentikan kereta itu tepat waktu hingga akhirnya menabrak truk.

"Supir kereta api telah mengikuti protokol dengan membunyikan alarm tiga kali, tetapi jaraknya yang dekat membuat masinis kesulitan menghentikan kereta tepat waktu," tulis pernyataan itu, dikutip dari CNA.

Sementara itu, supir truk yang berusia 54 tahun, Wichai Yulek, mengaku bahwa dia melihat kereta barang itu mendekat dan mendengar klakson peringatannya. Dia sempat melambatkan truk, namun penumpang di dalam kendaraan itu mendesaknya untuk terus berjalan. 

Saat dia menyadari truk itu akan tertabrak, dia tidak bisa lagi menghentikan mobil itu tepat waktu sehingga kecelakaan pun terjadi.

Baca Juga: 600 Peserta Jambore di Korsel Sakit Akibat Gelombang Panas

2. Satu orang dalam kondisi kritis

Korban tewas termasuk tiga wanita berusia 22, 55 dan 64 tahun, dan lima pria berusia 18, 27, 55, 60 dan 62 tahun. Jenazah mereka telah dibawa ke rumah sakit polisi untuk diambil oleh keluarga.

Sekitar empat orang lainnya yang mengalami luka-luka juga telah dirujuk ke rumah sakit. Salah satunya dilaporkan dalam kondisi kritis.

Seorang korban selamat yang berusia 20 tahun bercerita, dia berhasil melompat keluar dari truk tersebut sebelum kecelakaan terjadi. Dia menjelaskan bahwa mereka mengira kendaraan itu dapat melewati penyeberangan, kemudian melihat kereta barang hanya berjarak beberapa meter jauhnya dari truk mereka.

3. Penyeberangan tidak dilengkapi dengan penghalang otomatis

Mengutip Associated Press, kecelakaan itu terjadi di perlintasan tidak resmi yang tidak dilengkapi dengan penghalang otomatis untuk mencegah orang menyeberang saat kereta mendekat. Menurut State Railway of Thailand, ada 693 titik penyeberangan tidak resmi yang saat ini digunakan di sepanjang sistem kereta api nasional.

Kecelakaan maut sering terjadi di Thailand, yang secara teratur berada di puncak daftar jalan paling mematikan di dunia. Beberapa faktor penyebabnya adalah ngebut, mengemudi dalam keadaan mabuk, dan penegakan hukum yang lemah.

Pada Oktober 2020, 18 orang tewas ketika kereta barang menabrak bus yang membawa penumpang ke sebuah upacara keagamaan.

Baca Juga: Buntut Kerusuhan Antargama, India Hancurkan 250 Gubuk Migran Muslim

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya