Gerombolan Monyet Culik dan Bunuh Bayi Berusia Sebulan di Tanzania

Insiden terjadi saat si bayi tengah disusui ibunya

Jakarta, IDN Times — Sekelompok monyet menculik bayi berusia 1 bulan di Tanzania, Afrika Timur. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (18/6/2022) pukul 3 sore waktu setempat ketika si bayi tengah disusui ibunya.

Akibat dari insiden itu, korban mengalami cedera di kepala dan leher. Dirinya sempat dibawa ke rumah sakit. Namun, nahas, ia meninggal sewaktu mendapat perawatan.

Baca Juga: Cegah Cacar Monyet Meluas, Nigeria Larang Konsumsi Daging Hewan Liar

1. Diculik sewaktu bayi sedang disusui

Insiden penculikan bayi oleh sekelompok monyet terjadi di Desa Mwamgongo, Kigoma, Tanzania. Berdasarkan laporan The Citizen, Komandan Polisi Daerah Kigoma, James Manyama, menyebutkan bahwa korban bersama dengan ibunya semasa kejadian.

Pada Sabtu (18/6/2022), Shayima Said, ibu korban, duduk di teras rumah untuk menyusui bayinya, Luhaiba Said, yang masih berumur 1 bulan. Tak lama setelah itu, sekitar pukul 3 sore waktu setempat, tiba-tiba segerombolan monyet menyerbu rumah Shayima dan seketika merebut si bayi dari tangannya.

Sontak, Shayima langsung berteriak meminta tolong. Warga lain pun segera menghampiri rumahnya, tetapi bayi sudah terlanjur berada dalam genggaman salah satu monyet.

Baca Juga: WHO Pertimbangkan Status Darurat pada Wabah Cacar Monyet 

2. Korban mengalami cedera di kepala dan leher

Gerombolan Monyet Culik dan Bunuh Bayi Berusia Sebulan di Tanzaniailustrasi bayi menangis (freepik.com/jcomp)

Para warga merebut secara paksa bayi dari kawanan monyet. Korban memang berhasil diselamatkan, tetapi, New York Post memberitakan, ia mengalami cedera di bagian leher dan kepala.

Luhaiba pun segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Sayangnya, ketika masih dalam perawatan, bayi tersebut dinyatakan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet! Kemenkes Keluarkan SE, Ini Imbauan Lengkapnya   

3. Peristiwa hewan memasuki desa tergolong lazim

Gerombolan Monyet Culik dan Bunuh Bayi Berusia Sebulan di Tanzaniailustrasi kawanan primata (unsplash.com/Sammy Wong)

Menurut penuturan James Manyama dari The Citizen, peristiwa hewan menyerbu pemukiman warga tergolong biasa. Hal ini terlebih karena Desa Mwamgongo berbatasan dengan Taman Nasional Gombe.

Belum diketahui pasti spesies dari kawanan monyet yang melakukan penyerangan. Namun, Newsweek menyebutkan, Taman Nasional Gombe merupakan rumah bagi sejumlah spesies primata, seperti babun olive, monyet ekor merah, red colobus, monyet vervet, maupun monyet biru.

Selain insiden di Desa Mwamgongo, pada Januari 2022, sekelompok monyet juga pernah menenggelamkan bayi berusia 2 bulan ke dalam tangki air di Baghpat, India. Newsweek melaporkan, korban tengah tidur bersama neneknya di sebuah ruangan, samping teras. Kawanan monyet tiba-tiba masuk lewat pintu, lalu menyeret korban keluar.

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya