Belanda Tarik Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Hampir Seminggu

Penarikan sempat ditunda karena masalah angin

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Belanda mulai menarik kapal kargo Fremantle Highway yang terbakar selama berhari-hari di lepas pantai ke lokasi sementara di lepas pantai utara Belanda pada Minggu (30/7/2023). Penarikan kapal semula akan dilaksanakan sehari sebelumnya, tapi ditunda karena masalah angin.

Pemindahan Fremantle Highway dilakukan agar menjauh dari lokasi sensitif di pantai Belanda, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO untuk spesies air dan darat yang ditampungnya.

Kapal kargo itu berlayar dari pelabuhan Bremerhaven Jerman ke Singapura, dengan mengangkut 3.783 kendaraan baru, termasuk 498 kendaraan listrik. Kapal mulai terbakar pada 25 Juli dan menyebabkan satu orang awak tewas dan lainnya luka-luka.

1. Penundaan penarikan kapal

Belanda Tarik Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Hampir SemingguKapal kargo. (Unsplash.com/Chris Linnett)

Dilansir DW, pihak berwenang pada Sabtu (29/7/2023) mulai mempersiapkan penarikan kapal. Rijkswaterstaat, badan pengelola air nasional, mengatakan keputusan untuk melakukan pemindahan kapal dilakukan setelah api mereda secara signifikan.

"Suhu di atas kapal turun tajam dan intensitas kebakaran serta asap berkurang," kata badan itu, menambahkan bahwa kapal kargo juga stabil masih utuh di bawah garis air dan tidak miring.

Namun, pada Sabtu malam, Rijswaterstraat mengeluarkan pembaruan yang mengatakan bahwa angin barat daya membuat penarikan kapal belum aman untuk dilakukan. Angin dipastikan akan membuat asap berada di atas kapal tunda selama seluruh operasi penarikan kapal.

"Jadi jika perusahaan pemulihan mulai menarik sekarang, ini bukannya tanpa risiko dan keselamatan serta kesehatan awak kapal selalu didahulukan," kata otoritas setempat, seraya menambahkan bahwa pihaknya mengantisipasi angin serupa untuk beberapa hari ke depan. 

Baca Juga: Kurangi Turis, Belanda Akan Larang Ganja dan Batasi Distrik Merah

2. Kapal ditarik mendekat ke pulau

Belanda Tarik Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Hampir SemingguKapal kargo. (Unsplash.com/Vidar Nordli-Mathisen)

Dilansir Associated Press, Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda juga mengatakan, Fremantle Highway tidak mungkin dipindahkan karena angin, tapi perubahan dilakukan dan penarikan mulai dilakukan pada Minggu.

“Asap dari kapal kargo mereda sore ini dan kombinasi penyelamatan Multraship/Smit Salvage segera memanfaatkan ini,” kata kementerian tersebut.

Kapal itu ditarik perlahan-lahan oleh dua kapal tunda ke titik jangkar sementara, yang berjarak sekitar 16 km di utara pulau Belanda Schiermonnikoog dan Ameland. Tim penyelamat ingin menarik kapal ke pelabuhan, tetapi belum jelas di mana atau kapan itu akan terjadi.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa para ahli akan terus memantau stabilitas kapal dan ada kapal khusus pembersih yang dikerahkan untuk mengatasi jika ada tumpahan minyak.

3. Tenggelamnya kapal dikhawatirkan akan merusak lautan

Belanda Tarik Kapal Kargo yang Terbakar di Laut Hampir SemingguKapal kargo. (Unsplash.com/Ian Taylor)

Upaya untuk memadamkan api selama beberapa hari terakhir telah diperhitungkan dengan hati-hati, dan air harus digunakan secara relatif hemat. Hal itu dilakukan karena takut menenggelamkan kapal dan menimbulkan dampak buruk bagi ekologis.

Kebakaran itu membuat pihak berwenang khawatir bahwa suku cadang mobil, baterai, dan bahan bakar akan merusak situs yang sensitif secara ekologis dan membahayakan penghuninya.

Pemilik kapal Shoei Kisen Kaisha memperkirakan kebakaran dimulai dari salah satu kendaraan listrik, yang baterai lithium-ionnya sangat sulit dipadamkan, dan dapat menyala kembali secara spontan, setelah terbakar atau meledak. Penyebab kebakaran secara resmi belum dapat dikonfirmasi.

Baca Juga: Pendukung Kudeta Niger Serang Kedutaan Prancis-Kibarkan Bendera Rusia

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya