Warga China Masuki Korea Selatan dengan Jet Ski, Lintasi 300 Km!

Menghindari penangkapan China usai hina Xi Jinping

Jakarta, IDN Times - Penjaga pantai Korea Selatan telah menangkap seorang pria China yang memasuki negara itu secara ilegal dengan mengendarai jet ski pada Selasa (22/8/2023). Pria tersebut melakukan perjalanan sekitar 300 kilometer melintasi Laut Kuning untuk sampai ke Korea Selatan.

Warga China itu dilaporkan merupakan aktivis hak asasi manusia bernama Kwon Pyong, yang melarikan diri dari China. Namun, pihak berwenang belum mengumumkan identitas pria itu.

1. Ditangkap setelah memasuki Incheon

Dilansir France 24, pria itu mengenakan rompi pelampung dan helm, menyeberangi Laut Kuning dengan jet ski 1.800 cc dari provinsi Shandong, China untuk melarikan diri. Dia memanfaatkan teropong dan kompas sebagai alat navigasi dan menarik lima barel bahan bakar.

"Dia mengisi ulang bensin di perjalanan dan membuang barel kosong ke laut," kata penjaga pantai.

Penjaga pantai menyampaikan, pria tersebut berusaha meminta tolong setelah jet ski terjebak di dataran pasang surut dekat terminal kapal pesiar pelabuhan barat kota Incheon.

Pihak berwenang juga mengatakan, pria yang tidak diungkap identitasnya ditangkap karena berusaha menyelundupkan dirinya ke Incheon. Saat ini, tidak ditemukan tanda-tanda bahwa pria tersebut adalah mata-mata.

Baca Juga: Jepang dan Korsel Gelisah Korut Akan Luncurkan Satelit Mata-mata

2. Pertimbangkan untuk mengajukan suaka di Korea Selatan

Warga China Masuki Korea Selatan dengan Jet Ski, Lintasi 300 Km!Bendera Korea Selatan. (Pexels.com/byunghyun lee)

Aktivis Lee Dae-seon dari organisasi Dialogue China adalah pihak yang mengatakan pria itu sebagai Kwon Pyong, aktivis dari China. Lee mengatakan aktivis tersebut telah mengunggah gambar di media sosial yang mengejek Presiden China Xi Jinping dan masuk penjara di China karena subversi.

"Sementara cara masuknya ke Korea Selatan yang melanggar hukum itu salah, pengawasan otoritas China dan penganiayaan politik terhadap Kwon sejak 2016 berada di balik penyeberangan yang mempertaruhkan nyawanya ke Korea Selatan," kata Lee.

“Dia sekarang sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan status pengungsi di Korea Selatan atau memilih negara ketiga,” tambahnya.

Korea Selatan hanya memberikan suaka kepada segelintir pengungsi setiap tahunnya.

3. China berusaha halangi aktivis pergi

Warga China Masuki Korea Selatan dengan Jet Ski, Lintasi 300 Km!Bendera China. (Pixabay.com/PPPSDavid)

Dilansir BBC, dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan penerapan larangan keluar di bandara dan penyeberangan perbatasan resmi lainnya. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menghalangi para aktivis meninggalkan negara tersebut.

Banyak negara pro-Beijing di Asia Tenggara yang sudah tidak lagi menampung pencari suaka. Keputusan itu semakin mempersulit para pembangkang yang berusaha untuk melarikan diri.

Bulan lalu, pengacara hak asasi manusia terkenal asal China, Lu Siwei, ditangkap di Laos dan dikembalikan ke negara itu sebelum ia dapat bergabung dengan istri dan anak-anaknya di Amerika Serikat.

Baca Juga: Bos Bank Sentral dan Menkeu ASEAN Soroti Melambatnya Ekonomi China

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya