Yunani Tangkap 79 Orang Terkait Pembakaran Hutan

Kebakaran terbesar di Uni Eropa terjadi di Yunani

Jakarta, IDN Times - Polisi Yunani telah menangkap 79 orang atas tuduhan pembakaran terkait kebakaran hutan yang melanda negara, kata pemerintah Yunani pada Jumat (25/8/2023). Yunani sedang menghadapi ratusan kebakaran hebat dan telah merenggut puluhan nyawa pada pekan ini.

Pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk melawan kebakaran di seluruh Yunani. Kebakaran di hutan Gunung Parnitha dekat ibu kota masih belum terkendali pada Jumat, dan kebakaran terbesar berada di kota timur laut Alexandroupolis.

Baca Juga: PM Albania Protes Tidak Diundang KTT Balkan di Yunani

1. Kemarahan pejabat terkait pembakaran

Dilansir BBC, Pavlos Marinakis, juru bicara pemerintah mengatakan dari 140 penangkapan terkait kebakaran hutan, 79 di antaranya merupakan terkait dengan pembakaran. Terkait kebakaran yang terjadi polisi dan dinas intelijen Yunani sedang menyelidiki insiden tersebut.

Menteri Perlindungan Sipil Vassilis Kikilias mengatakan ada beberapa upaya pelaku pembakaran untuk menyalakan api baru di Gunung Parnitha, barat laut ibu kota.

“Anda melakukan kejahatan terhadap negara. Bajingan pelaku pembakaran menyebabkan kebakaran yang mengancam hutan, properti dan, yang paling penting, nyawa manusia. Kamu tidak akan lolos begitu saja, kami akan menemukanmu, kamu akan dimintai pertanggungjawaban," kata Kikilias.

Kikilias sebelumnya telah mengatakan bahwa negaranya sedang mengalami musim panas terburuk sejak peta risiko kebakaran diperkenalkan pada 2009.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Yunani dan Turki, WNI Diminta Waspada 

2. Kebakaran terbesar di Uni Eropa

Yunani Tangkap 79 Orang Terkait Pembakaran HutanIlustrasi kebakaran hutan. (Unsplash.com/Matt Palmer)

Dilansir CNN, Janez Lenarcic, komisaris Uni Eropa untuk manajemen krisis, mengatakan ada lebih lebih dari 73 ribu hektar lahan terbakar, yang membuat kebakaran di Alexandroupolis secara resmi merupakan kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat di Uni Eropa.

“Kita harus terus memperkuat upaya pencegahan dan kesiapsiagaan nasional dan kolektif dalam menghadapi musim kebakaran yang lebih brutal,” kata Lenarcic.

Di Yunani, kebakaran hutan telah membakar 1,3 miliar meter persegi (130 ribu hektar) sejauh ini, yang merupakan rekor tertinggi di Uni Eropa, menurut Sistem Informasi Kebakaran Hutan Eropa.

Pada Jumat, setiap beberapa menit helikopter terus datang ke lokasi kebakaran dan menjatuhkan hingga 11 ton air dalam upaya pemadaman. Para pejabat juga mengatakan di Parnitha bahwa helikopter harus berhenti bekerja semalaman, sehingga membuat pemadaman api menjadi lebih sulit.

3. Ada 20 orang tewas akibat kebakaran

Yunani Tangkap 79 Orang Terkait Pembakaran HutanIlustrasi kebakaran hutan. (Unsplash.com/Ross Stone)

Pada pekan ini, 20 orang tewas di Yunani akibat kebakaran hutan, 19 orang sebagai diyakini migran, termasuk anak-anak, ditemukan di dekat wilayah Evros di timur laut Yunani. Seorang penggembala juga kehilangan nyawanya dalam kebakaran di wilayah Boeotia pada 21 Agustus.

Kebakaran hutan di musim panas sering terjadi di Yunani dan para ilmuwan telah menghubungkan meningkatnya frekuensi dan intensitas kejadian cuaca ekstrem, termasuk gelombang panas, dengan perubahan iklim.

Stefan Doerr, kepala Pusat Penelitian Kebakaran Hutan di Universitas Swansea, mengatakan bahwa lanskap yang lebih mudah terbakar karena cuaca panas atau pengelolaan vegetasi yang buruk, berarti pembakaran dan insiden lainnya dapat lebih mudah berubah menjadi kebakaran hutan yang berlangsung cepat.

Baca Juga: Kebakaran Meluas, Yunani Temukan 18 Mayat Korban

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya