FBI Kantongi Rekaman Trump Soal Bayaran Eks Model Playboy

Diskusi Trump itu terjadi dua bulan sebelum Pemilu AS

Tampaknya, Trump masih belum bisa bernapas lega terkait pemberitaan hubungan gelap yang menyeret namanya dengan mantan model Playboy. Baru-baru ini, Biro Investigasi Federal (FBI) mendapatkan bukti baru mengenai skandal tersebut. 

Apa bukti itu? 

1. Rekaman percakapan antara Trump dan pengacara lamanya

Bukti itu berupa rekaman antara Trump dengan pengacara pribadinya kala itu, Michael Cohen. Rupanya, Cohen merekam percakapannya dengan Trump saat membahas mengenai bayaran untuk mantan model Playboy, Karen McDougal. Percakapan itu terjadi dua bulan sebelum pemilu presiden AS tahun 2016. 

Dikutip dari situs CNN, Jumat (20/7), FBI berhasil mendapatkan rekaman tersebut ketika menggeledah hotel, kediaman dan kantor Cohen, awal tahun ini. Bersama rekaman, FBI juga menyita dokumen-dokumen. 

Dikutip dari situs New York Times yang memberitakan pertama kali rekaman tersebut, Departemen Kehakiman tengah menyelidiki keterlibatan Cohen dalan membayari sejumlah wanita untuk menekan pemberitaan negatif mengenai Trump saat menghadapi Pemilu 2016.

Jaksa ingin tahu apakah ada pelanggaran terhadap undang-undang dana kampanye. Sehingga, percakapan apapun dengan Trump mengenai pembayaran-pembayaran semacam itu sangat menarik perhatian jaksa. 

2. Apa ya isi rekaman itu?

FBI Kantongi Rekaman Trump Soal Bayaran Eks Model PlayboyPoster bergambar karikatur Donald Trump (Pixabay/tiburi)

Dikutip dari situs Guardian, pengacara Trump, Rudy Giuliani, tak membantah dan mengakui bahwa rekaman itu memang ada. Rekaman itu termasuk yang berdurasi dua menit yang berisi Trump membahas pembayaran kepada Karen McDougal, yang sebelumnya mengaku pernah memiliki hubungan gelap dengan Trump tahun 2006. 

Giuliani mengklaim bahwa pembayaran itu tidak jadi diberikan. Dengan demikian, menurut dia, Trump tidak melakukan kesalahan apapun. Kuasa hukum Trump juga sudah membantah perselingkuhan itu. 

Kisah mantan model Playboy senilai Rp2,1 miliar

FBI Kantongi Rekaman Trump Soal Bayaran Eks Model PlayboyIlustrasi rekaman (Unsplash/ Alexey Ruban)

Masih dikutip dari situs Guardian, McDougal menjual kisah perselingkuhan yang dia klaim dengan Trump itu ke National Enquirer ketika menjelang akhir Pemilu AS. Tabloid itu membayar cerita McDougal US$150 ribu atau sekitar Rp2,1 miliar. Namun, kisahnya tak jadi dipublikasikan. 

Sumber CNN menyebut, rekaman Trump dan Cohen itu relatif cepat, sekitar 90 detik dan dua menit. Sumber CNN juga menyebutkan bahwa Cohen merekomendasikan untuk membeli hak cipta kisah McDougal itu dari National Enquirer. Trump lalu bertanya bagaimana melakukan hal itu. 

Laporan: Masdalena Napitupulu

Baca juga: 6 Tanda Selingkuh Kecil yang Bisa Berujung ke Selingkuh Sungguhan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya