Comscore Tracker

Latihan Perang NATO, Kapal Perang Milik Norwegia Tenggelam

Setelah upaya penyelamatan selama seminggu

Oslo, IDN TIMES - Militer Norwegia, pada hari Selasa (13/11/2018) menyatakan kapal perang mereka, KNM Helge Ingstad, telah hampir sepenuhnya tenggelam di lepas pantai Norwegia.

Kejadian terjadi sesaat kapal perang Norwegia tertabrak oleh sebuah kapal tanker setelah latihan perang NATO pada minggu lalu yang membuat bolongan besar disisinya, seperti yang dikutip dari The Washington Post.

1. Upaya penyelamatan yang gagal

Latihan Perang NATO, Kapal Perang Milik Norwegia TenggelamBusiness Insider

Sejak hari Kamis (08/11/2018) minggu lalu, militer Norwegia sudah menggunakan segala cara untuk menyelamatkan kapal perangnya dengan memasang kabel-kabel penahan untuk tetap menahan agar tidak tenggelam, dikutip dari Reuters. Sayangnya kabel penahan putus dan kapal perang mulai tenggelam sedikit demi sedikit ke bawah laut.

Belum ada tindakan lanjut dari Pemerintah Norwegia melihat tidak adanya lagi harapan untuk menyelamatkan Kapal Perang kelas Frigat, KNM Helge Ingstad, dari karam di lepas pantai negaranya sendiri.

Semua kru KNM Helge Ingstad yang berjumlah total 137 orang sudah dievakuasi dimana 8 diantaranya terluka akibat kecelakaan tersebut, sedangkan Kapal Tanker Sola TS berbendera Malta dikabarkan hanya mengalami kerusakan ringan.

Meskipun harapan sudah sudah tidak ada lagi, militer Norwegia tetap akan mencoba segala cara untuk menyelamatkan kapal perang mereka sebelum benar-benar karam.

2. Latihan perang NATO ternodai dengan kecelakaan ini

Latihan Perang NATO, Kapal Perang Milik Norwegia TenggelamWar on The Rocks

Dilansir dari RT, latihan perang NATO dengan kode Trident Juncture merupakan salah satu latihan terbesar yang diselenggarakan oleh Norwegia sejak tahun 1980 dan menjadi latihan militer terbesar NATO sejak beberapa dekade terakhir. Melibatkan sekitar 50.000 prajurit, 250 pesawat, 65 kapal perang, dan 10.000 kendaraan militer dari 31 negara anggota NATO.

Tabrakan yang terjadi antara Kapal Tanker Sola TS dan kapal perang KNM Helge Ingstad yang sedang pulang menuju pangkalannya setelah selesai terlibat dalam latihan perang NATO, menodai makna latihan perang Trident Juncture sendiri.

Tenggelamnya kapal perang Norwegia tersebut menyebabkan multitafsir Trident Juncture yang sebenarnya mencoba memberi pesan kepada musuh NATO kalau mereka sudah siap untuk mempertahankan diri dari segala ancaman, namun kecelakaan ini dianggap sebagai sebuah kegagalan NATO untuk menyelamatkan kapal perangnya dari tabrakan dengan kapal lain.

3. Penyebab pasti masih diselediki lebih lanjut

Latihan Perang NATO, Kapal Perang Milik Norwegia TenggelamArizona Daily Star

Belum adanya konfirmasi penyebab kecelekaan dari Otoritas Norwegia, mereka hanya menyampaikan jika penyelidikan masih berlanjut. Kesalahan manusia ataupun gangguan radar navigasi akibat sesuatu menjadi asumsi sementara mengapa kapal perang canggih Norwegia yang dibuat di Spanyol tahun 2009 itu dapat bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di dekat lepas pantai negara mereka sendiri.

Walaupun belum ada pihak Norwegia yang menuduh negara ataupun siapa sebagai dalang kecelakaan, Perdana Menteri Finlandia sudah menuduh Rusia terlebih dahulu karena dianggap telah mengganggu sinyal GPS militer Finlandia selama latihan perang NATO di Norwegia berlangsung.

Pemerintah Rusia langsung menyangkal tuduhan Finlandia dan menganggapnya sebagai tuduhan "tidak berdasar". Sampai saat ini masih belum jelas apakah kecelakaan tersebut adalah murni kecelakaan biasa atau ada sebuah sabotase dari negara lain.

Baca Juga: Perjalanan IDN Times Menuju Tigaras, Lokasi Posko Kapal Tenggelam

Karl Gading S. Photo Community Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You