Senator AS Bob Menendez Dituduh Sebagai Agen Asing untuk Mesir

Bantu lobi pencairan bantuan AS untuk Mesir

Jakarta, IDN Times- Senator Partai Demokrat AS dari New Jersey,  Bob Menendez, kini menghadapi tuduhan baru terkait aktivitasnya melobi kepentingan Mesir dengan cara ilegal. 

Pada Kamis (12/10/2023), jaksa federal mengajukan tuduhan tambahan yang menuduh Menendez bertindak sebagai agen Mesir tanpa pendaftaran resmi. Tindakan ini disebut melanggar Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing AS.

Sebelumnya, Menendez dan istrinya juga telah dituduh menerima suap dari pengusaha AS keturunan Mesir. Tuduhan baru ini dinilai akan semakin memperberat vonis yang dihadapi Menendez, dilansir dari The Guardian.

1.  Menendez melobi pemerintah AS untuk mencairkan bantuan ke Mesir

Menurut tuduhan itu, Menendez telah aktif membantu kepentingan Mesir sejak 2018 hingga 2022. Pada 2019, ia diduga bertemu dengan pejabat intelijen Mesir yang meminta bantuannya untuk melobi agar bantuan militer AS pada Mesir senilai 300 juta dollar bisa cair.

Saat itu, AS memang sedang mempertimbangkan untuk membatalkan bantuan tersebut imbas kasus serangan udara militer Mesir yang mengakibatkan seorang warga negara AS mengalami cidera parah. Menendez kemudian diduga mengubungi rekan senator lainnya untuk membantu pencairan tersebut. 

Selain itu, ia juga dituduh memberi informasi rahasia tentang staf kedutaan AS di Kairo kepada rekan bisnisnya yang kemudian disampaikan pada pejabat Mesir.

Baca Juga: Prancis Larang Unjuk Rasa Bela Palestina

2. Bukan tuduhan pertama

Pada September 2022, Menendez dan istrinya, Nadine, juga dituntut kerena menerima suap dari tiga pengusaha New Jersey yang memintanya melakukan lobi terkait urusan luar negeri. Mereka memberikan uang tunai, emas batangan, dan mobil mewah agar Menendez bersedia membantu mereka.

Keduanya bersikukuh merasa tidak bersalah atas tuduhan ini. Menendez bersikeras, bahwa dirinya selalu bertindak sesuai hukum sepanjang karir 30 tahunnya di Kongres AS. 

“Selama 30 tahun saya di Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat, saya selalu berupaya untuk meminta pertanggungjawaban negara-negara tersebut, termasuk Mesir, atas pelanggaran hak asasi manusia, penindasan terhadap warga negaranya, masyarakat sipil, dan banyak lagi,” katanya, dikutip dari Al Jazeera.

3.  Menendez diminta mundur sebagai senator

Banyak analis memperkirakan tuduhan-tuduhan terhadap Menendez ini akan mempersulit kemenangannya jika ia maju dalam pemilihan tahun 2024 nanti.  

Lebih dari 30 anggota senat partai Demokrat telah meminta Menendez untuk mengundurkan diri. Diantara mereka termasuk, Cory Booker yang juga merupakan senator untuk wilayah New Jersey.

"Pengunduran diri bukanlah sebuah pengakuan bersalah namun sebuah pengakuan bahwa memegang jabatan publik sering kali menuntut pengorbanan besar. Saya yakin mengundurkan diri adalah yang terbaik bagi Senator Menendez yang telah mengabdi seumur hidupnya", tulis Booker dalam sebuah pernyataan. 

Namun, Menendez menolak untuk mundur dan tetap bersikukuh akan membuktikan dirinya tidak bersalah.

Baca Juga: PBB Desak Akses Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Segera Dibuka

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya