Hong Kong Jadi Destinasi Ramah Muslim: HKTB Tarik Wisatawan Indonesia

Asa 252 ribu wisatawan Indonesia masuk Hong Kong pada 2023

Jakarta, IDN Times - Industri pariwisata Hong Kong terus berupaya tunjukan ketangguhan meskipun tantangan global yang terus berlanjut. Salah satu kontributor signifikan dalam pemulihan industri ini adalah wisatawan dari Indonesia, yang telah memberikan dorongan yang signifikan dalam pertumbuhan pariwisata Hong Kong.

"Kami sangat antusias untuk terus meningkatkan pengalaman wisatawan di Hong Kong melalui inisiatif ramah Muslim, serta memulai kemitraan strategis dengan mitra industri pariwisata kami untuk menjangkau konsumen Indonesia. Hong Kong merupakan destinasi yang unik, dan kami berkomitmen untuk menjadikan setiap kunjungan sebagai pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu dari Indonesia," Regional Director of Southeast Asia, Hong Kong Tourism Board (HKTB), Liew Chian Jia di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024) malam.

Baca Juga: UU Keamanan Nasional Baru Hong Kong Dinilai Bisa Mengekang HAM

1. Ada 252.000 wisatawan Indonesia masuk Hong Kong pada 2023

Hong Kong Jadi Destinasi Ramah Muslim: HKTB Tarik Wisatawan IndonesiaWalking tour di West Kowloon Neighbourhood dan mengunjungi Lei Wo Chinese Steelyard Balance di 345 Shanghai Street, Yau Ma Tei (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pada 2023, Hong Kong mencatat menyambut lebih dari 252 ribu wisatawan Indonesia. Angka ini menunjukkan pemulihan sebesar 56 persen dibandingkan dengan kedatangan sebelum pandemik COVID-19.

Hingga Februari 2024, jumlah kedatangan mencapai 101 persen dibandingkan dengan periode yang sama sebelum pandemik

Dengan populasi sekitar 270 juta jiwa, yang mencakup lebih dari 40 persen populasi Asia Tenggara, wisatawan muslim dari Indonesia memiliki peran penting dalam industri pariwisata Hong Kong. HKTB berencana untuk memperkuat upaya memposisikan Hong Kong sebagai destinasi yang ramah bagi wisatawan muslim.

2. Inovasi jangkau audiens dengan fokus segmen Gen Z

Hong Kong Jadi Destinasi Ramah Muslim: HKTB Tarik Wisatawan IndonesiaNgabuburit dan Buka Puasa Bersama dengan Hong Kong Tourism Board, di Thamrin, Jakarta Pusat (Rabu (27/3/2024) malam. (IDN Times/Lia Hutasoit)

HKTB mengintensifkan kerja sama dengan mitra lokal untuk mengedukasi pemangku kepentingan di Hong Kong tentang kebutuhan wisatawan muslim dan meningkatkan inisiatif ramah muslim. HKTB juga melibatkan wisatawan Gen Z dan muslim Indonesia melalui media sosial dan kemitraan.

HKTB, kata Chian Jia, bakal berinovasi menjangkau audiens baru dan meningkatkan jumlah pengunjung, dengan fokus pada pengembangan segmen Gen Z melalui platform seperti TikTok.

Baca Juga: Kemlu Buka Suara soal 6 WNI Rampok Jam Tangan Mewah di Hong Kong

3. World of Frozen yang hadir di Disneyland Hong Kong

Hong Kong Jadi Destinasi Ramah Muslim: HKTB Tarik Wisatawan IndonesiaSuasana di Disneyland Hong Kong (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kampanye unggulan terbaru di TikTok, seperti TikTok Trip to Hong Kong dan Throwback Campaign, bekerja sama dengan KOL Indonesia, seperti Canny Claudya, Yuda Bustara yang juga telah dilakukan.

Hong Kong meningkatkan pengalaman pengunjung dengan beragam acara skala besar, seperti "A Symphony of Lights" di Victoria Harbour, festival musik internasional seperti Clockenflap dan Creamfields Hong Kong, serta kegiatan budaya dan seni sepanjang tahun.

Penambahan terbaru dari berbagai atraksi di Hong Kong adalah World of Frozen di Hong Kong Disneyland, sebuah wahana bertema Frozen yang menawan yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan petualangan dalam dunia film Frozen dengan lebih dekat.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya Hong Kong pada 2024

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya