Mahasiswa Indonesia Jadi Juara Kompetisi Pidato Tingkat Asia Tenggara

Belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira datang dari salah satu pelajar Indonesia. Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), Zeinab Abbaci, mengharumkan nama bangsa usai menjadi juara dalam kompetisi Youth Speech Contest.

Mahasiswa angkatan 2021 itu menyampaikan ide inovasi soal pembuatan pameran budaya atau cultural exhibition dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).

Zeinab meyakini, inovasi yang diusungnya mampu meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat, menjaga identitas bangsa, dan meningkatkan literasi digital di masyarakat Asia Tenggara.

1. Jadi yang terbaik dari 220 perserta

Mahasiswa Indonesia Jadi Juara Kompetisi Pidato Tingkat Asia TenggaraMahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Zeinab Abbaci mengharumkan nama bangsa usai menjadi juara dalam kompetisi Youth Speech Contest (dok.istimewa)

Zeinab berlaga melawan 220 peserta lain yang berasal dari seluruh negara ASEAN. Zeinab membawakan pidato yang diberi judul "Diversity in Creation, of ASEAN's Visionary Generation."

Gen Z Indonesia satu ini berharap, pidatonya dapat mendorong generasi muda agar menghargai dan mengapresiasi keragaman di wilayah ASEAN.

Zeinab mengambil fokus pada tiga pilar krusial sesuai dengan tema kegiatan Embracing ASEAN Diversity, yaitu creativity, innovation, dan smart usage of the digital era.

Dalam bidang pendidikannya, Zeinab menilai perkembangan teknologi dan alat-alat penelitian di bidang kedokteran sangat berperan dalam menyederhanakan berbagai penjelasan dari hal-hal kompleks pada bidang tersebut.

Baca Juga: Bos Bank Sentral dan Menkeu ASEAN Soroti Melambatnya Ekonomi China

2. Kata Zeinab usai menjadi juara

Mahasiswa Indonesia Jadi Juara Kompetisi Pidato Tingkat Asia TenggaraMahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Zeinab Abbaci mengharumkan nama bangsa usai menjadi juara dalam kompetisi Youth Speech Contest (dok.istimewa)

Zeinab menilai, pemanfaatan teknologi dan inovasi yang berasal dari generasi muda dan kolaborasi lintas sektor yang saling mendukung nantinya akan memiliki efek signifikan terhadap kemajuan suatu negara.

“Terinspirasi dari beberapa pentas seni, seminar keilmuan, dan pameran digital di Indonesia, kemudian menganalisis dampak sosial, ekonomi, dan budaya yang ditinggalkan. Saya pikir pameran budaya dengan menggunakan teknologi VR bisa dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan kreativitas dan potensi dari anak muda Indonesia,” kata Zeinab mengutip keterangan tertulis.

Zeinab yakin ide program ini akan berdampak pada peningkatan aspek sosial ekonomi di tiap wilayah ASEAN dalam jangka waktu panjang.

3. Apresiasi untuk pihak yang membantu

Mahasiswa Indonesia Jadi Juara Kompetisi Pidato Tingkat Asia TenggaraBendera negara anggota ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Zeinab juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak FKUI yang sudah mendukungnya.

“Terima kasih banyak kepada pihak FKUI yang memberikan kesempatan dan menyediakan sarana dalam mengikuti lomba internasional," ujar Zeinab.

Bagi Zeinab, cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya.

"Saya berharap tidak hanya saya, namun seluruh generasi muda bangsa bisa mengambil kesempatan yang ada dan mulai dari bidang yang mereka suka. Karena masa depan adalah milik mereka yang paham kekuatan dari langkah-langkahnya,” kata Zeinab.

3. Apresiasi dari kampus

Mahasiswa Indonesia Jadi Juara Kompetisi Pidato Tingkat Asia TenggaraUniversitas Indonesia. (studyinindonesia.kemdikbud.go.id/)

ASEAN Youth Speech Contest diselenggarakan secara hybrid oleh perusahaan C ASEAN yang berkedudukan di Bangkok, Thailand, pada 4 Agustus 2023 lalu.

Kompetisi ini diketahui rutin digelar tiap tahun. Misinya adalah memperkuat konektivitas regional yang bertujuan menyediakan platform atau jaringan kolaborasi di antara para pemimpin bisnis dan generasi muda, guna mendukung pengembangan masyarakat ASEAN melalui berbagai inisiatif konektivitas.

Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam, mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Zeinab.

“Selamat kepada Zeinab, prestasi yang diraih dalam ASEAN Youth Speech Contest ini adalah bukti dan komitmen FKUI dalam mendukung pengembangan potensi mahasiswa kami di berbagai bidang. Prestasi ini bukan hanya membanggakan untuk FKUI tetapi juga untuk Indonesia. Saya berharap capaian ini bisa menjadi pemantik dan inspirasi bagi mahasiswa FKUI lainnya untuk terus meraih prestasi,” kata Ari.

Baca Juga: Mengenal Program Studi Pendidikan Sendratasik di Universitas Hamzanwdi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya