Comscore Tracker

Unggul di Pennsylvania, Joe Biden Raih Total 273 Suara Elektoral

Joe Biden semakin dekat dengan Gedung Putih

Jakarta, IDN Times - Penantian warga Amerika Serikat mendapatkan sosok presiden semakin dekat. Hasil hitung cepat dari laman Decision Desk HQ (result.decisiondeskhq.com), menunjukkan Joe Biden telah memenuhi jumlah suara elektoral minimal yang dibutuhkan untuk memenangkan Gedung Putih.

Melansir dari laman Decision Desk HQ pada Sabtu (7/11/2020) pagi WIB, Biden tercatat sudah mengumpulkan 273 suara elektoral dari 270 suara yang dibutuhkan.

Angka ini membawa Biden unggul di atas Trump yang meraih 214 suara elektoral sejauh ini.

1. Biden menangkan suara di Pennsylvania dan Georgia

Unggul di Pennsylvania, Joe Biden Raih Total 273 Suara ElektoralPennsylvania (Brand USA Photo, Website/https://kr.usembassy.gov/)

Decision Desk HQ menunjukkan Biden berhasil memenangkan suara di Pennsylvania dan Georgia. Kemenangannya ini mengantar Biden dan partai Demokrat memimpin perolehan suara elektorat pada Pemilu Presiden Amerika Serikat 2020.

Di Pennsylvania, Joe Biden memperoleh 49,58 persen suara dan unggul tipis atas pesaingnya Donald Trump dengan perolehan 49,27 persen.

Selain itu, peta Decision Desk HQ juga menunjukkan Georgia didominasi warna biru, pertanda partai Demokrat memenangkan suara di sana.

Joe mendapatkan 49,42 persen suara di Georgia dan kembali unggul sangat tipis dari Trump yang meraih 49,34 persen suara.

Baca Juga: Dekati Kemenangan, Joe Biden Dapat Pengamanan Setara Presiden AS

2. Joe Biden unggul di Nevada dan Arizona

Unggul di Pennsylvania, Joe Biden Raih Total 273 Suara ElektoralPara pendukung memperhatikan saat mantan Presiden AS Barack Obama berkampanye atas nama calon presiden Demokrat dan mantan wakil presidennya Joe Biden di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (21/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Melansir dari The Sydney Morning Herald, Biden tercatat memimpin perolehan suara di Nevada dan Arizona. Decision Desk HQ menunjukkan Biden memperoleh 49,83 persen suara di Nevada sedangkan Trump memperoleh 48,04 persen.

Di Arizona, Biden unggul dengan 49,86 persen suara dan Trump memperoleh 48,69 persen suara. The Sydney Morning Herald menyebutkan Pennsylvania, Georgia dan Nevada menjadi Battleground States kunci untuk kemenangan Presiden Amerika Serikat.

Dan data Decision Desk HQ menunjukkan Partai Demokrat dan Joe Biden unggul di tiga wilayah tersebut.

3. Biden rebut suara Trump di 3 wilayah ini

Unggul di Pennsylvania, Joe Biden Raih Total 273 Suara ElektoralPresiden Amerika Serikat Donald Trump tiba untuk reli kampanye di Moon Township, Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner

Biden berhasil merebut suara Trump di Arizona, Georgia, dan Pennsylvania. Ketiga wilayah ini pada Pemilu Presiden Amerika Serikat 2016 lalu dikuasai Partai Republik dan Donald Trump.

Bersaing dengan Hillary Clinton untuk memperebutkan Gedung Putih, Trump pada 2016 memperoleh 304 suara elektoral.

Selain itu, Biden juga sukses menaklukkan kembali suara di Wisconsin dan Michigan. Bersama dengan Pennsylvania, ketiga negara bagian ini dikenal dengan sebutan "Blue Firewall" lantaran selalu menjadi tempat Capres Demokrat memenangkan suara hingga Pilpres 2012.

Baca Juga: Aktivis Iklim Greta Thunberg Ejek Trump yang Marah-marah di Twitter

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya