Bertemu Presiden Ruto, Jokowi Ingin Indonesia Investasi di Kenya

Ada pembahasan kerja sama perdagangan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto. Pertemuan itu berlangsung di Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8/2023).

Usai pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Kenya merupakan sahabat Indonesia.

"Yang Mulia Presiden Kenya, William Ruto, suatu kehormatan bagi saya berkunjung ke Kenya. Apalagi, Indonesia-Kenya memiliki kedekatan histroris sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955 dan Gerakan Non Blok (GNB) tahun 1961. Kenya adalah sahabat penting Indonesia dan kami juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Kenya," ujar Jokowi dalam konferensi pers bersama. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Imbau Polri Adaptif Tangani Terorisme, TPPO, Narkotika

1. Ada pembahasan kerja sama perdagangan

Bertemu Presiden Ruto, Jokowi Ingin Indonesia Investasi di KenyaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan pembahasan kerja sama perdagangan. Menurutnya, ada peningkatan kerja sama dagang antara Indonesia dan Kenya.

"Dalam pertemuan tadi, kami telah membahas beberapa hal, pertama peningkatan perdagangan yang mencapai 507 juta dolar AS pada 2022 dan perlu diperluas dengan penjajakan berbagai peluang-peluang lainnya," ucap dia.

Jokowi menyampaikan, Indonesia juga membuka pintu kepada Kenya untuk bergabung dalam kerja sama di kawasan ASEAN.

"Dan Kenya dapat menjadi pintu masuk Indonesia ke Afrika Selatan," kata dia.

Baca Juga: Jos! Pertamina Ekspansi Bisnis Geothermal di Kenya

2. Jokowi ingin Indonesia investasi di Kenya

Bertemu Presiden Ruto, Jokowi Ingin Indonesia Investasi di KenyaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Leboh lanjut, Jokowi menyampaikan keinginannya agar Indonesia bisa berinvestasi di Kenya. Menurutnya, investasi itu bisa dilakukan di bidang agrikultur.

"Dalam pertemuan itu, kami juga mendorong pembentukan Perjanjian Dagang preferensial, yang bisa dilakukan oleh kedua Negara sesegera mungkin. Sesegera mungkin peningkatan kedua negara terhadap investasi di Kenya, terutama di sektor energi dan memperluasnya ke sektor agrikultur hewan (atau peternakan), serta kebutuhan untuk membangun hubungan bilateral," ucap dia.

3. Ada kerja sama di bidang biofarma

Bertemu Presiden Ruto, Jokowi Ingin Indonesia Investasi di KenyaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Mantang Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, Indonesia dan Kenya juga berencana melakukan kerja sama di bidang biofarma.

Selain itu, turut dibahas mengenai kerja sama energi baru terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi di Kenya.

Jokowi juga ingin membantu Kenya untuk bisa bersuara di dunia global. Hal itu untuk meningkatkan kemampuan negara berkembang, agar suara mereka didengar.

Dalam pertemuan Jokowi dan Ruto, ada tiga kerja sama antar pemerintah, delapan kerja sama antara BUMN dan perusahaan swasta di Kenya.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya