Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM Kanada

Jokowi sebut Bangladesh adalah sahabat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Presiden Bangladesh, Mohammed Shahabuddin, di hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023. Pertemuan itu dilakukan di Jakarta Convention Center (JCC).

"Bangladesh adalah sahabat Indonesia, persahabatan ini harus diperkuat secara nyata demi kemaslahatan rakyat kita," ujar Jokowi, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: Menlu Indonesia dan Bangladesh Bahas Kerja Sama Energi dan Perdagangan

1. Jokowi sampaikan ada tiga isu yang dibahas

Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM KanadaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Bangladesh, Mohammed Shahabuddin (IDN Times/Istimewa)

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan ada tiga isu yang dibahas. Salah satunya terkait perdagangan.

"Perdagangan kita tumbuh siginifikan, tumbuh sebesar 19,9 persen dalam 5 tahun terakhi. Artinya harus terus dioptimalkan," kata dia.

Meski demikian, dua isu lainnya disampaikan secara tertutup. Awak media yang meliput diminta untuk keluar dari ruang pertemuan.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas

2. Jokowi terima PM Kanada di Istana Merdeka

Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM KanadaPresiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeu di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/9/2023) (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Saat baru tiba, Justin memberikan jersey Timnas Basket Kanada bernomor 7.

Dalam kesempatan itu, Justin menyampaikan terima kasih kepada Jokowi karena Indonesia telah menjadi tuan rumah KTT ke-43 ASEAN 2023 dengan baik dan ramah. Menurutnya, peluncurkan kerja sama ASEAN-Kanada merupakan agenda yang sangat penting.

"Saya berharap, Asia tenggara adalah salah satu kawasan yang berkembang pesat di dunia dan kepemimpinan Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi tersebut sangat luar biasa," ucap Justin.

3. Kerja sama Indonesia dan Kanada berkembang signifikan

Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM KanadaPresiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeu di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/9/2023) (IDN Times/Istimewa)

Justin menerangkan, hubungan kerja sama antara Indonesia dan Kanada juga berkembang signifikan.

Menurutnya, kerja sama itu akan menumbuhkan lapangan pekerjaan yang baik bagi kedua negara.

"Peluang yang baik bagi rakyat kita," kata dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya