Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya, Ini Kata Istana

Ada perbedaan tata upacara militer

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo sedang melakukan kunjungan kerja di beberapa negara di Afrika. Negara yang pertama dikunjungi Jokowi adalah Republik Kenya.

Jokowi tiba di Kenya pada Senin (21/8/2023). Kedatangan Jokowi disambut dengan upacara kenegaraan.

Dalam upacara itu, Jokowi terlihat kebablasan saat berjalan. Berdasarkan video yang tersebar, Jokowi terlihat hendak berjalan langsung menuju panggung.

Namun, komandan upacara nampak bergegas mengingatkan Jokowi untuk terlebih dulu berhenti.

"Kejadian tersebut terjadi ketika Bapak Presiden sedang melakukan pemeriksaan pasukan dalam rangkaian penyambutan kenegaraan di Republik Kenya, Senin, 21 Agustus 2023," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden Tanzania, Ini Beberapa Hal Yang Dibahas

1. Istana jelaskan ada perbedaan tata upacara militer

Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya, Ini Kata IstanaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Bey mengatakan, ada perbedaan tata upara militer (TUM) dan aturan keprotokolan negara yang berlaku di Indonesia.

"TUM di Indonesia, penghormatan hanya dilakukan satu kali kepada bendera, yakni saat presiden dan tamu negara sedang berada di posisi tengah barisan," kata Bey.

Baca Juga: Ditanya Jokowi soal Suasana Politik Jelang Pemilu, Mega: Seperti Dansa

2. Tak ada pemberitahuan terkait perbedaan TUM kepada Indoensia

Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya, Ini Kata IstanaPresiden Jokowi tiba di Republik Kenya (dok. Sekretariat Presiden)

Bey mengatakan, tak ada pemberitahuan terkait tata upacara militer di Kenya kepada Indonesia. Sehingga, Presiden Jokowi langsung berjalan ke panggung.

"Jadi, hal ini terjadi karena perbedaan TUM dan aturan Keprotokolan Negara. Selain itu, kami juga tidak mendapat informasi dan pemberitahuan terkait TUM dan aturan Keprotokolan Negara di negara tersebut," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden Tanzania, Ini Beberapa Hal Yang Dibahas

3. Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Kenya

Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya, Ini Kata IstanaKunjungan Presiden Jokowi ditemani Dirut Pertamina Nicke Widyawati beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kenya, Senin, 21 Agustus 2023. (Dok. Pertamina)

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto. Pertemuan itu berlangsung di Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8/2023).

Usai pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan Kenya merupakan sahabat Indonesia.

"Yang Mulia Presiden Kenya, William Ruto, suatu kehormatan bagi saya berkunjung ke Kenya. Apalagi, Indonesia-Kenya memiliki kedekatan histroris sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955 dan Gerakan Non Blok (GNB) tahun 1961. Kenya adalah sahabat penting Indonesia dan kami juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Kenya," ujar Jokowi dalam konferensi pers bersama. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya