Korban Tewas akibat Banjir di Italia Bertambah Jadi 14 Orang

Pemerintah Italia akan umumkan status darurat

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 14 orang tewas akibat banjir yang melanda wilayah Emilia Romagna, Italia, Jumat (19/5/2023) waktu setempat. Banjir telah merendam sebagian wilayah di Italia sejak Rabu. Setidaknya, ada 43 kota di Italia terdampak banjir tersebut.

"Cuaca ekstrem di balik bencana minggu ini, kekeringan berkepanjangan diselingi oleh curah hujan deras selama 36 jam, dua minggu setelah hujan lebat," ujar pejabat setempat seperti dikutip dari CGTN, Minggu (21/5/2023).

Baca Juga: Banjir Dahsyat, Italia Segera Umumkan Keadaan Darurat

1. Dampak banjir

Korban Tewas akibat Banjir di Italia Bertambah Jadi 14 OrangBendera Italia (pixabay.com/juliacasado1)

Pemerintah setempat mengimbau warganya untuk tidak banyak beraktivitas karena sejumlah titik mengalami kelumpuhan. Warga kesulitan membersihkan rumahnya karena lumpur turut meluap terbawa banjir.

Wali Kota Massimo Isola mengatakan pemerintah kesulitan mengevakuasi warga karena aksesnya terpotong oleh banjir. Selain itu, 120 lokasi mengalami tanah longsor akibat banjir tersebut. 

"Saat petugas penyelamat mencari orang-orang yang masih terpotong oleh air, detail muncul dari saat-saat terakhir dari beberapa orang yang meninggal," ucap dia.

Baca Juga: Banjir Italia Tewaskan 9 Orang dan Balapan F1 Dibatalkan

2. Italia terapkan langkah awal darurat sejak Rabu

Dalam peristiwa itu, lebih dari 15 orang dievakuasi. Sejumlah petani masih menghitung kerusakan lahannya akibat banjir. Selain itu, Grand Prix Formula Satu yang rencananya akan diadakan pada Minggu di Imola, terpaksa dibatalkan. 

Pemerintah setempat juga berharap warga tetap berada di pengungsian hingga situasi aman.

Dilansir Anadolu, pada Rabu, pemerintah Italia telah mengumumkan langkah-langkah awal darurat. Langkah darurat itu termasuk pembekuan hipotek dan pemungutan pajak.

Baca Juga: Wali Kota Polandia Tewas Terjatuh dari Lantai 4 Hotel di Italia

3. Italia akan umumkan status darurat di sidang kabinet

Italia akan mengumumkan keadaan darurat dalam menghadapi bencana banjir dahsyat yang melanda negara tersebut, tulis Reuters. Keadaan darurat tersebut akan diumumkan pada Selasa depan (23/5/2023), saat rapat kabinet berlangsung.

Menteri Perlindungan Sipil Musumeci mengatakan dia akan meminta kabinet untuk memberikan bantuan sebesar 22 juta dolar Amerika, atau setara Rp327,8 miliar, untuk daerah yang terkena dampak banjir di sidang kabinet nanti.

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya