Ternyata Ini Candaan Jokowi yang Buat Presiden Kenya Tertawa

Momen itu ketika Presiden Kenya mengantar Jokowi di bandara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Kenya, pada Senin (21/8/2023). Kunjungan itu berlangsung beberapa jam saja.

Setelah bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanannya untuk pergi ke Tanzania.

Baca Juga: Jokowi ke Kenya, Menlu: Perkuat Relasi Negara Berkembang

1. Jokowi dan Ruto tertawa bersama

Ternyata Ini Candaan Jokowi yang Buat Presiden Kenya TertawaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Ruto mengantarkan Presiden Jokowi hingga Bandara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi untuk melanjutkan perjalanan ke Tanzania. Saat di Bandara, Jokowi mengundang Ruto datang ke Indonesia.

Di momen ini, Jokowi bercanda kepada Ruto untuk berkunjung ke Indonesia selama satu bulan.

"Dalam kesempatan tersebut, Bapak Presiden mengundang Presiden Kenya untuk berkunjung ke Indonesia. Namun Bapak Presiden meminta agar Presiden Kenya tinggal di Indonesia tidak hanya 1-2 hari, karena beliau akan diajak untuk melihat hilirisasi industri yang sedang dikerjakan secara serius oleh pemerintah Indonesia," ujar Bey dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (23/8/2023).

"Presiden Kenya pun bertanya, 'berapa lama?' Bapak Presiden menjawab dengan spontan, 'satu bulan'. Keduanya pun tertawa bersama," ucap Bey lagi.

Baca Juga: Begini Peran Luhut di Balik Layar Kunjungan Jokowi ke Kenya

2. Jokowi dan Presiden Kenya melakukan pertemuan bilateral

Ternyata Ini Candaan Jokowi yang Buat Presiden Kenya TertawaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto. Pertemuan itu berlangsung di Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8/2023).

Usai pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan Kenya merupakan sahabat Indonesia.

"Yang Mulia Presiden Kenya, William Ruto, suatu kehormatan bagi saya berkunjung ke Kenya. Apalagi, Indonesia-Kenya memiliki kedekatan histroris sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955 dan Gerakan Non Blok (GNB) tahun 1961. Kenya adalah sahabat penting Indonesia dan kami juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Kenya," ujar Jokowi dalam konferensi pers bersama. 

Baca Juga: Pertamina Kembangkan Bisnis di Kenya, Presiden Beri Dukungan Penuh

3. Ada pembahasan kerja sama perdagangan

Ternyata Ini Candaan Jokowi yang Buat Presiden Kenya TertawaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan pembahasan kerja sama perdagangan. Menurutnya, ada peningkatan kerja sama dagang antara Indonesia dan Kenya.

"Dalam pertemuan tadi, kami telah membahas beberapa hal, pertama peningkatan perdagangan yang mencapai 507 juta dolar AS pada 2022 dan perlu diperluas dengan penjajakan berbagai peluang-peluang lainnya," ucap Presiden Jokowi.

Jokowi menyampaikan, Indonesia juga membuka pintu kepada Kenya untuk bergabung dalam kerja sama di kawasan ASEAN.

"Dan Kenya dapat menjadi pintu masuk Indonesia ke Afrika Selatan," kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya