Susul Belanda-Denmark, Norwegia Akan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Rincian unit yang dikirim masih dibicarakan

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store, pada Kamis (24/8/2023), mengumumkan bahwa negaranya akan menyumbangkan jet tempur F-16 untuk Ukraina. Kurang lebih ada 10 unit yang akan disumbangkan.

Gahr Store memberitahu Presiden Ukraina Voldymyr Zelenskyy tentang sumbangan pesawat. Keduanya juga mendiskusikan jumlah pesawat dan jadwal pengiriman dengan negara sekutu lainnya. 

“Kami berencana untuk menyumbangkan jet tempur F-16 Norwegia ke Ukraina, dan akan memberikan rincian lebih lanjut tentang donasi tersebut, jumlah dan jangka waktu pengirimannya, pada waktunya,” kata Gahr Stoere, dukutip Reuters.

1. Norwegia negara ke-3 yang menyumbangkan F-16 ke Ukraina

Norwegia akan menjadi negara Eropa ketiga setelah Belanda dan Denmark yang akan meyumbangkan jet tempur F-16 untuk Kiev.

Pada Februari 2023, Norwegia telah menyumbangkan 7 miliar dolar AS (sekitar Rp107,07 triliun) untuk Kiev, sebagai bagian dari paket bantuan lima tahun. Itu menjadikan Norwegia salah satu negara pendonor terbesar untuk Ukraina.

Dana bantuan tersebut akan dibagi rata untuk bantuan militer dan kemanusiaan selama lima tahun kedepan, yang dipecah menjadi 1,4 miliar dolar AS (sekitar Rp21,4 triliun) per tahun.

Baca Juga: AS Latih Pilot Ukraina Terbangkan Jet Tempur F-16 Mulai Oktober 

2. Norwegia sumbangkan rudal antipesawat untuk Ukraina

Dilansir Euronews, Denmark telah menyatakan bahwa negaranya akan mengirimkan 19 unit jet tempur F-16 untuk Ukraina. Sementara Belanda masih belum merinci berapa unit dari pesawat tempurnya yang akan disumbangkan.

Pada Kamis, Gahr Store juga mengumumkan Norwegia akan menyumbangkan rudal antipesawat ke Ukraina, demi melindugi penduduk sipil, infrastruktur garis depan, dan unit militer terhadap serangan udara Rusia. 

“Ini adalah salah satu sumbangan material militer Norwegia terbesar ke Ukraina hingga saat ini,” kata Gahr Store, dikutip Associate Press.

3. Norwegia ganti jet tempur F-16 dengan F-35

Norwegia telah menghentikan penggunaan 57 armada F-16 miliknya, dan menjual 37 unit di antaranya kepada Rumania.

Sementara, 12 lainnya akan dijual ke perusahaan swasta yang memberikan pelatihan bagi Angkatan Udara Amerika Serikat, meski kesepakatan tersebut belum mendapat persetujuan akhir.

Para analisis berspekulasi bahwa pesawat-pesawat tersebut akan disumbangkan untuk Ukraina.

Sementara, sekitar 13 F-16 yang tersisa akan ditaruh di museum atau digunakan sebagai suku cadang, karena sulit untuk diperbaiki.

Pada Januari lalu, Norwegia telah menerima 52 unit pertama F-35 yang telah dipesan untuk menggantikan F-16 yang sudah dipensiunkan. 

Baca Juga: Dapat Kiriman Jet Tempur F-16, Zelenskyy: Kami Yakin Rusia Akan Kalah!

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya