Comscore Tracker

An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati Pada Usia 35 Tahun

Usianya setara dengan 105 tahun usia manusia

Jakarta, IDN Times - Panda raksasa tertua di dunia, An An, telah mati pada usia 35 tahun di kebun binatang taman hiburan di Hong Kong, Ocean Park, BBC melaporkan.

Berita kematian panda berjenis kelamin jantan ini disampaikan oleh pihak Ocean Park pada Kamis (21/7/2022) waktu setempat.

1. Menurunnya kesehatan An An selama beberapa pekan terakhir

Dalam sebuah pernyataan, disebutkan bahwa dalam beberapa pekan terakhir, kesehatan An An telah memburuk. Hal ini terlihat dari aktivitas fisik dan nafsu makannya yang telah mengalami penurunan drastis.

Melihat kondisi tersebut dan mempertimbangkan kesejahteraan hewan, membuat para dokter hewan dari Ocean Park dan Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong, berkonsultasi dengan Pusat Konservasi dan Penelitian China untuk Panda Raksasa.

Akhirnya, mereka membuat keputusan sulit untuk melakukan prosedur humane euthanasia pada panda tersebut. Prosedur dilakukan pada Kamis pukul 08:40 waktu setempat.

Ocean Park mengatakan bahwa kematian An An pada usianya setara dengan 105 tahun usia manusia.

Baca Juga: Seukuran Kucing, Ini 8 Fakta Menarik seputar Panda Merah!

2. An An merupakan hadiah dari China untuk Hong Kong

An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati Pada Usia 35 TahunIlustrasi sepasang panda. (unsplash.com/Stone Wang)

Melansir France24, An An lahir di alam liar Sichuan, China. Dia merupakan salah satu dari sepasang panda yang dihadiahkan oleh pemerintah pusat China ke Hong Kong pada tahun 1999, untuk merayakan ulang tahun kedua penyerahan wilayah itu dari Inggris.

Dia dan pasangannya, Jia Jia, menghabiskan sisa hidup mereka di Ocean Park. 

Namun, Jia Jia mati pada 2016 di usia 38 tahun dan menjadikannya panda betina tertua yang pernah ada di penangkaran. Pasca kematian Jia Jia, An An yang masih hidup menjalani kehidupan dengan sering menyendiri.

3. Diplomasi Panda ala China

An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati Pada Usia 35 TahunBendera Tiongkok. (Unsplash.com/Macau Photo Agency)

China menganggap panda sebagai harta nasionalnya. Menurut Asahi Shimbun, Negeri Tirai Bambu ini menyewakan hewan tersebut ke negara lain sebagai tanda niat baik, yang disebut sebagai diplomasi panda.

Dengan menggunakan soft diplomacy tersebut, diharapkan China dapat menjalin persahabatan politik di seluruh dunia.

Setelah menghadiahkan An An dan Jia Jia, Hong Kong kembali diberikan sepasang panda lagi oleh Beijing pada 2007 sebagai perayaan 10 tahun kembalinya Hong Kong ke China. Sepasang panda tersebut adalah Ying Ying si betina dan Le Le si jantan.

Menurut WWF, rentang hidup rata-rata panda di alam liar adalah 14-20 tahun. Panda juga dikategorikan sebagai hewan rentan dan saat ini terdapat 1.864 panda yang hidup di alam liar. Panda juga terkenal sebagai hewan yang sangat sulit bereproduksi.

Baca Juga: Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini Penjelasannya

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya