Comscore Tracker

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini Penjelasannya

Warna rambut ini bukan sekadar hiasan saja

Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) merupakan hewan asli dari China. Panda dikenal dengan corak khas berwarna hitam-putih. Selain warnanya, hewan ini juga dikenal suka memakan bambu.

Lalu, mengapa rambut panda memiliki warna hitam-putih? Padahal hutan bambu tempat tinggalnya kebanyakan memiliki warna hijau. Simak tentang faktanya di artikel ini.

1. Warna yang kontras

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini PenjelasannyaSeekor panda sedang memakan bambu (pexels.com/.M.Q Huang)

Panda memiliki corak rambut khas dengan warna hitam dan putih. Kombinasi warna ini sendiri membuat panda terlihat dengan jelas. Warna monokrom ini membuat panda juga terlihat menggemaskan.

Mungkin kamu pernah melihat panda di kebun binatang. Warna hitam-putih ini membuatnya terlihat jelas di dalam kandangnya. Karena terlihat jelas, panda tidak bisa berkamuflase dengan sekitarnya. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari corak ini?

2. Berfungsi di alam liar

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini PenjelasannyaPanda yang sedang berada di atas pohon (pexels.com/.M.Q Huang)

Melansir Sci-News.com, Profesor Nick Scott-Samuel dari School of Psychological Science di University of Bristol mengatakan bahwa panda terlihat dengan jelas di kebun binatang karena jarak pandang yang pendek dan suasana yang tidak biasa. Menurutnya, latar belakang yang ada di kebun binatang tidak menggambarkan habitat asli panda. Sementara itu, kamuflase ini sangat berguna di alam liar.

Dari sudut pandang predator di alam liar, panda termasuk hewan yang cukup baik dalam melakukan kamuflase. Warna yang ada pada rambut ini menyatu dengan cukup baik di habitatnya. Predator yang melihat dari jauh juga akan cukup kesulitan ketika melihat panda.

3. Warna yang menyatu

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini PenjelasannyaSeekor panda yang sedang memegang daun bambu (pexels.com/Bryan Petty)

Di habitat aslinya, panda hidup di tengah hutan yang lebat. Warna rambutnya yang gelap membuatnya menyatu dengan warna batang pohon yang juga gelap. Selain itu, corak berwarna hitam ini juga membantunya sembunyi di antara bayangan.

Sementara itu, corak berwarna putih ini cukup menyatu dengan dedaunan dan salju ketika sedang musim dingin. Beberapa panda juga memiliki warna coklat. Warna coklat ini juga membantu kamuflase di tengah hutan.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Panda, Si Beruang Hitam Putih yang Lucu

4. Sulit dilihat dari jarak jauh

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini PenjelasannyaSeekor panda bersama dengan anaknya (pexels.com/Diana Silaraja)

Tidak hanya warna rambutnya, corak yang dimiliki panda juga membantu kamuflasenya. Pemisahan warna rambut yang terlihat sangat jelas membuat bentuk tubuh panda menjadi sulit untuk dilihat. Warna ini sendiri membuat predator kesulitan dalam melihat dan memperkirakan bentuk tubuh panda.

Penelitian juga dilakukan untuk membandingkan kamuflase yang dilakukan oleh berbagai hewan dengan lingkungan sekitarnya. Kemudian, hasil analisis perbandingan corak yang dimiliki oleh panda memiliki sifat yang sama dengan hewan lain ketika melakukan kamuflase.

5. Kondisi yang berbeda jauh di kebun binatang

Kenapa Panda Berwarna Hitam-Putih? Ini PenjelasannyaSeekor panda dengan bambu (pexels.com/Mark de Jong)

Tempat tinggal panda di kebun binatang memiliki kondisi yang berbeda jauh dibandingkan habitat aslinya. Panda memiliki ruang gerak yang terbatas di dalam kandang. Selain itu, pohon-pohon yang ada di dalam kandang juga terlihat jarang, sehingga panda akan terlihat dengan jelas.

Profesor Tim Caro dari School of Biological Sciences di University of Bristol membandingkan bagaimana aktivitas panda di kebun binatang dan alam liar. Di alam liar, terdapat banyak pohon dan dedaunan di hutan yang luas.

Selain itu, faktor musim, terutama musim dingin juga bisa membantu panda melakukan kamuflase. Tentunya warna yang dimiliki oleh panda tidak membuatnya terlihat dengan jelas di alam liar.

Ternyata warna yang dimiliki oleh panda bukan sekadar hiasan saja. Warna dan corak yang dimiliki panda sangat membantunya untuk menghindari serangan predator. Selain itu, warna ini juga membuat panda terlihat semakin menggemaskan.

Bagaimana tanggapan kamu tentang kamuflase yang dimiliki oleh panda? Apakah kamu tahu hewan lain yang juga bisa melakukan kamuflase? Bagikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Beruang Madu, Satu-satunya Beruang yang Hidup di Indonesia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya