Kapal Kontainer Terbakar, Sri Lanka Lakukan Evakuasi

Kapal tersebut mengangkut 1.486 peti kemas

Kolombo, IDN Times - Sebuah kapal kontainer yang membawa ribuan peti kemas dan sedang berlabuh di lepas pantai dekat ibukota Sri Lanka, Kolombo terbakar. Tim penyelamat pun segera melakukan evakuasi. Bagaimana kronologinya?

1. Kapal kontainer berbendera Singapura yang membawa 25 awak kapal terbakar

Dilansir dari Al Jazeera (25/5/2021), Terjadi sebuah ledakan pada peti kemas yang terbakar pada sebuah kapal kontainer MV X-Press Pearl berbendera negara Singapura yang berlabuh di lepas pantai Kolombo. Hal ini pun mendorong evakuasi awak kapal.

Kapal kontainer tersebut berlabuh sekitar 9,5 mil laut atau 18 km barat laut Kolombo dan sedang menunggu untuk memasuki pelabuhannya ketika api meletus pada hari Jumat (21/5/2021).

Dilaporkan, kapal tersebut membawa 25 awak kapal, termasuk: warga negara Filiphina, Tiongkok, India dan Rusia. 

Menurut pihak Angkatan Laut Sri Lanka, kebakaran disebabkan oleh bahan kimia yang dibawa. Kapal tersebut mengangkut 1.486 peti kemas, termasuk: 25 ton asam nitrat dan bahan kimia lainnya yang dimuat di pelabuhan Hazira, India pada 15 Mei lalu.

2. Akibat kebakaran kapal kontainer: dua orang terluka dan beberapa peti kemas jatuh ke laut

Kapal Kontainer Terbakar, Sri Lanka Lakukan EvakuasiIlustrasi ribuan peti kemas di atas sebuah kapal kontainer. (Unsplash.com/Rinson Chory)

Baca Juga: Sri Lanka Loloskan Proposal Larangan Burqa di Tempat Umum

Juru bicara Angkatan Laut Indika de Silva, menyampaikan bahwa anggota awak, ahli penyelamat dan pemadam kebakaran mengevakuasi kapal setelah ledakan, disebutkan juga dua orang terluka. Beberapa peti kemas pun juga jatuh ke laut.

Dikutip dari Reuters, pihak berwenang Sri Lanka mengatakan bahwa para ahli dari Belanda dan Belgia sedang mensurvei kapal tersebut, sementara India telah berjanji untuk mengirim kapal dan pesawat untuk membantu memadamkan api.

"Sebuah penerbangan khusus Belanda dengan peralatan penting untuk memadamkan api sekarang diharapkan mencapai Sri Lanka," ungkap Rohitha Abeygunawardena selaku Menteri Perkapalan Sri Lanka.

3. Sri Lanka mendapat bantuan dari tetangganya, India

Kapal Kontainer Terbakar, Sri Lanka Lakukan EvakuasiBendera India. (Unsplash.com/Naveed Ahmed)

Dilansir dari The Hindu, Komisi Tinggi India di Kolombo menyatakan bahwa: "India segera menanggapi permintaan darurat oleh Angkatan Laut Sri Lanka dan mengerahkan banyak aset untuk memadamkan api pada 25 Mei 2021. Ini termasuk Kapal Vaibhav, Vajra dan Samudra Prehari oleh penjaga pantai India dan Tug Water Lilly oleh Dirjen, pengiriman selain pesawat Dornier untuk pengintaian udara."

Selain itu, formasi Penjaga Pantai India (Indian Coast Guard/ICG) di Kochi, Chennai, dan Tuticorin bersiaga guna memberi bantuan segera terhadap respon polusi. "Selanjutnya, pesawat ICG sedang menuju ke Tuticorin dari Chennai dan Kochi untuk pengawasan udara dan respon polusi," ungkap juru bicara ICG. Menambahkan, kapal tersebut (MV X-Press Pearl) menyimpan sekitar 325 ton bahan bakar di dalam tangkinya, yang kemungkinan akan menimbulkan ancaman tumpahan minyak.

Baca Juga: Rusuh Penjara di Sri Lanka: Dua Petugas Terluka dan Enam Napi Tewas

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya