Pria Berkapak Mengamuk di Restoran China di Selandia Baru

Insiden tersebut mengakibatkan empat orang terluka

Jakarta, IDN Times - Empat orang dilaporkan menjadi korban penyerangan yang terjadi di beberapa restoran China di Auckland, Selandia Baru, pada Senin (19/6/2023) sekitar pukul 21:00 waktu setempat.  

Peristiwa terjadi saat seorang pria yang memegang kapak memasuki tiga restoran China, yakni Zhangliang Malatang, Yues Dumpling Kitchen, dan Maya Hotpot.  Pria tersebut kemudian menyerang para pengunjung secara acak, dilansir Reuters

1. Pelaku penyerangan segera menghadapi persidangan

Polisi pun bergegas ke tempat kejadian, setelah menerima telepon mengenai laporan penyerangan.

Pihaknya mengatakan, mereka telah menangkap seorang pria berusia 24 tahun berkebangsaan China, serta dijadwalkan akan memulai persidangan pada Selasa, dikutip dari Deutsche Welle

Dia didakwa atas tuduhan melukai yang menyebabkan cedera tubuh parah dan diperkirakan akan menghadapi dakwaan lebih lanjut.

Meski telah ditangkap, kepolisian Selandia Baru belum menyebutkan nama dan usia tersangka. Polisi juga mengatakan bahwa serangan itu tampaknya tidak bermotif rasial.

Komandan polisi setempat, Inspektur Stefan Saga, mengatakan bahwa pihaknya akan memberi dukungan bagi para korban, teman, serta keluarga mereka, melihat betapa menakutkannya insiden penyerangan tersebut.

Baca Juga: Eks PM Jacinda Ardern Raih Penghargaan Tertinggi Selandia Baru

2. Kronologi kejadian menurut para saksi

Pria Berkapak Mengamuk di Restoran China di Selandia BaruIlustrasi kapak. (pexels.com/Tyler Lastovich)

Menurut penuturan saksi, dia sedang makan di Maya Hotpot dengan seorang teman, lalu tiba-tiba seorang pria mendatangi temannya dan memukul dari belakang dengan kapak.

Melihat kejadian tersebut, semua orang di restoran lantas berdiri, lalu seseorang berteriak, "Apa yang akan kamu lakukan? Kenapa kamu melakukannya?", sebelum akhirnya pria tersebut memukul temannya lagi.

Menurut kesaksian dari salah satu staf restoran, penyerangan terjadi tanpa peringatan, ketika seorang pria masuk secara tiba-tiba dan mengeluarkan benda seperti palu dan menyerang orang-orang yang duduk di meja.

"Saya melihat seorang anak muda, sekitar umur 20-an dengan darah di kepala mereka. Mereka berdiri sejenak, lalu jatuh ke tanah," ungkapnya kepada Radio Selandia Baru (RNZ), dikutip dari BBC.

3. Dampak dari penyerangan

Pria Berkapak Mengamuk di Restoran China di Selandia BaruIlustrasi brankar rumah sakit. (pexels.com/Pixabay)

Akibat insiden tersebut, pihak berwenang dan media lokal melaporkan bahwa empat orang dilarikan ke rumah sakit. Mereka terluka atas penyerangan itu.

Juru bicara rumah sakit North Shore dan Auckland mengatakan, satu korban telah dipulangkan, sementara tiga lainnya masih di rumah sakit dan dalam kondisi stabil.

Pihak kepolisian juga meningkatkan kehadiran mereka di area sekitar restoran yang diserang.

Baca Juga: Banyak Anak Muda Kecanduan, Selandia Baru Larang Vape Sekali Pakai 

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya