Xi Jinping Sebut Selandia Baru Teman dan Mitra China

Menandai 50 tahun hubungan bilateral Beijing-Wellington

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Selandia Baru, Chris Hipkins, melakukan kunjungan kenegaraan ke China guna meningkatkan hubungan perdagangan dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Dalam lawatannya, Hipkins bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Zhao Leji di Aula Besar Rakyat di Beijing pada Selasa (27/6/2023).

"Saya menekankan bahwa fokus utama dari kunjungan kami adalah menegaskan kembali hubungan ekonomi kami yang erat, dengan mendukung bisnis memperbarui hubungan mereka dengan mitra China dan membantu menumbuhkan yang baru guna mendukung pemulihan ekonomi Selandia Baru," kata Hipkins, dikutip dari laman resmi Pemerintah Selandia Baru.

1. China sambut baik kunjungan PM Selandia Baru

Hipkins juga mengatakan bahwa hubungan Wellington dengan Beijing merupakan salah satu hubungan yang paling signifikan dan luas. Dia juga menegaskan bahwa hubungan bilateral kedua negara sangat penting.

Selain itu, PM Selandia baru tersebut juga menegaskan kembali pentingnya kerja sama dalam mendukung tatanan berbasis aturan internasional, guna mewujudkan kawasan yang stabil dan makmur. Hipkins juga meminta peran konstruktif Beijing mengatasi tantangan global bersama, seperti perubahan iklim dan perang di Ukraina.

Di sisi lain, Beijing menyambut baik lawatan mitra Asia Pasifiknya tersebut.

Presiden Xi mengatakan bahwa China selalu memandang Selandia Baru sebagai teman dan mitra, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

Hua juga menambahkan, baik Beijing maupun Wellington perlu bekerja sama secara erat, mengingat kedua negara telah menjalin hubungan bilateral ke-50 tahunnya. Hubungan kedua negara telah menghasilkan pertumbuhan yang stabil dan meningkat ke Kemitraan Strategis Komprehensif China-Selandia Baru.

Baca Juga: Pria Berkapak Mengamuk di Restoran China di Selandia Baru

2. Hipkins membahas berbagai aspek dengan Beijing

Xi Jinping Sebut Selandia Baru Teman dan Mitra ChinaPerdana Menteri Selandia Baru, Chris Hipkins. (instagram.com/Chris Hipkins)

Selain ekonomi, kedua pemimpin juga membahas hubungan people-to-people, hubungan budaya, serta bidang kerja sama bilateral langsung, seperti perdagangan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan inovasi, pertanian, serta pariwisata.

Tidak hanya bertemu dengan para pejabat China, Hipkins juga menghadiri acara penandatanganan kemitraan antara empat eksportir utama Selandia Baru dan mitra China mereka guna membantu bisnis Selandia Baru.

3. Arti penting China bagi perekonomian Selandia Baru

Xi Jinping Sebut Selandia Baru Teman dan Mitra ChinaBendera Tiongkok. (Unsplash.com/Macau Photo Agency)

Menurut laporan AP News, Selandia baru saat ini sedang memasuki masa perlambatan ekonomi, setelah ekonominya mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut.

Untuk mengatasi hal tersebut, para pejabat mengatakan bahwa China adalah kunci dari tiga mesin Selandia Baru, guna memulihkan ekonomi pascapandemik. Ketiga kunci tersebut adalah ekspor, pariwisata, dan pendidikan.

Selandia Baru merupakan salah satu negara Barat yang paling bergantung pada Beijing, mengingat hampir seperempat pendapatan ekspor negara tersebut berasal dari China, melansir Straits Times.

Hubungan dekat kedua negara juga ditambah dengan upaya agresif dari Beijing guna mengembangkan pengaruh di Negeri Kiwi, di mana hal tersebut memicu kekhawatiran dari sekutu Wellington.

Baca Juga: China: Status Quo Tunjukan Taiwan Sebagai Bagian dari Kami

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya