UE Kalahkan AS dalam Upaya Vaksinasi COVID-19

AS juga kalah dari Kanada dalam hal vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Negara-negara dunia terus melakukan upaya vaksinasi COVID-19, untuk menghentikan penyebaran wabah yang telah menelan 4 juta lebih korban jiwa secara global. Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) termasuk negara yang terdepan dalam melakukan vaksinasi.

Namun, jika keduanya dibandingkan, UE telah mengalahkan AS dalam hal memvaksinasi warganya. Ini karena setengah dari populasi Uni Eropa telah divaksinasi penuh, menurut penghitungan AFP pada Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Distribusi Vaksin Tidak Merata, Negara-Negara Uni Eropa Cekcok

1. Jumlah orang yang menerima vaksin di UE dan AS

UE Kalahkan AS dalam Upaya Vaksinasi COVID-19Seorang sukarelawan meletakkan bendera Amerika mewakili beberapa dari 200.000 nyawa yang hilang di Amerika Serikat dalam pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di National Mall, Washington, Amerika Serikat, Selasa (22/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts)

Menurut Channel News Asia, hampir 224 juta orang di 27 negara anggota Uni Eropa telah menerima vaksin COVID-19. Spanyol memimpin negara-negara besar itu dengan 58,3 persen populasinya sudah divaksinasi, diikuti Italia (54,4 persen), Prancis (52,9 persen) dan Jerman (52,2 persen).

Angka-angka tersebut berarti bahwa Eropa kini telah mengungguli AS dalam upaya vaksinnya. Sebab, di AS baru sekitar 49,7 persen populasinya yang telah divaksinasi sepenuhnya. Vaksinasi di AS melambat belakangan ini, terutama di negara bagian konservatif di selatan dan barat tengah.

Negara bagian selatan dan barat tengah AS itu baru dapat memenuhi target yang dicetuskan Presiden Joe Biden untuk memberikan setidaknya satu dosis vaksin kepada 70 persen orang dewasanya pada Senin (2/8/2021), hampir sebulan terlambat dari tenggat waktu yang ditentukan.

2. AS juga tertinggal dari Kanada

UE Kalahkan AS dalam Upaya Vaksinasi COVID-19unsplash.com/HermesRivera

AS juga tertinggal di belakang negara tetangga utaranya, Kanada, yang memulai kampanye imunisasinya belakangan tetapi sekarang telah memvaksinasi 59 persen penduduknya secara penuh.

Berdasarkan penghitungan AFP dari sumber resmi yang dirilis pada Senin (2/8/2021), Uni Eropa telah memberikan suntikan vaksin pertama kepada 59,3 persen dari populasinya, sementara AS baru 57,8 persen.

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

3. Negara UE yang paling banyak dan sedikit memvaksinasi warganya

UE Kalahkan AS dalam Upaya Vaksinasi COVID-19Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tiba untuk konferensi tingkat tinggi Uni Eropa pertama setelah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Brussels, Belgia, Sabtu (18/7/2020) (ANTARA FOTO/Olivier Matthys/Pool via REUTERS)

Negara pulau kecil Malta menjadi yang paling banyak memvaksinasi warganya di UE, dengan tiga perempat penduduknya divaksinasi penuh. Kemudian di belakangnya ada Belgia dengan 58,9 persen.

Sementara yang berada di peringkat bawah adalah Bulgaria, yang baru memberikan vaksin kepada 14,5 persen penduduknya, dan Rumania yang baru mencakup seperempat dari penduduknya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya