Rusia Serang Ukraina Jelang Perayaan Tahun Baru 2023, Satu Orang Tewas

Rusia masih belum berhenti menggempur Ukraina

Jakarta, IDN Times - Rusia kembali melakukan serangan kepada Ukraina pada Sabtu (31/12/2022), menjelang tahun baru 2023. Sejumlah ledakan mengguncang Kota Kyiv satu jam sebelum 2023 tiba.

Rusia meluncurkan sejumlah misil yang targetnya adalah ibu kota Ukraina tersebut dan kota-kota lainnya bertepatan dengan perayaan tahun baru.

"Ledakan pertama terjadi 30 menit setelah lewat tengah malam dan mengguncang dua distrik di Kyiv," kata Wali Kota Kyiv, Vitali Klitschko di Telegram, dikutip dari Daily Mail, Minggu (1/1/2023).

1. Ada satu korban meninggal

Rusia Serang Ukraina Jelang Perayaan Tahun Baru 2023, Satu Orang TewasIlustrasi korban tewas (IDN Times/ Mardya Shakti)

Dalam waktu yang sama, rentetan ledakan lainnya terjadi dan mengejutkan publik Kyiv. AFP melaporkan, setidaknya ada 11 ledakan keras yang terjadi pada Sabtu.

Klitschko lewat media sosialnya mengatakan, ada satu orang yang menjadi korban tewas dalam serangan Rusia saat itu. Sementara itu, Pemerintah Kota Kyiv menyebutkan ada 22 orang mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Baca Juga: 5 Perkembangan Terkini di Ukraina: Rusia Makin Bar-bar!

2. Serangan misil merusak banyak lokasi di Kyiv

Rusia Serang Ukraina Jelang Perayaan Tahun Baru 2023, Satu Orang TewasSuasana memperlihatkan bangunan apartemen rusak akibat penembakan yang terjadi baru-baru ini di Kiev, Russia, Sabtu (26/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich.

Serangan misil Rusia merusak beberapa lokasi yang ada di Kyiv, di antaranya adalah Hotel Alfavito dan Istana Seni Nasional Kyiv.

Salah satu ledakan yang terjadi membuat sudut Hotel Alfavito luluh lantah menjadi puing-puing. Sementara itu, kaca-kaca jendela termasuk di Istana Seni Nasional Kyiv pecah akibat ledakan misil Rusia.

3. Pesan Zelensky kepada warga Ukraina pada tahun baru 2023

Rusia Serang Ukraina Jelang Perayaan Tahun Baru 2023, Satu Orang TewasPresiden Ukraina, Vlodymyr Zelensky. (twitter.com/ZelenskyyUa)

Sebelumnya pada Sabtu sore, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memberikan pesan kepada warganya menjelang tahun baru 2023.

Dalam pesannya tersebut, Zelensky secara tegas menyatakan bahwa dia dan seluruh warga Ukraina bakal terus berjuang dan melawan Ukraina hingga berhasil meraih kemenangan.

"Kita berjuang dan terus melawan untuk satu kata yaitu menang! Saya ingin mengatakan kepada kalian semua warga Ukraina, kalian luar biasa! Lihat apa yang telah kita perbuat dan kita perjuangkan! Kita berjuang sebagai satu tim, seluruh negara, semua regional. Saya mengagumi kalian semua. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada (masyarakat) di seluruh wilayah di Ukraina," kata Zelensky.

Baca Juga: Belarus Protes Rudal Ukraina Masuki Wilayahnya, Provokasi Rusia?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya