Comscore Tracker

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk Ditangkap

Hampir 7 tahun bersembunyi, akhirnya Assange ditangkap

Jakarta, IDN Times – Pendiri situs pembocor rahasia, WikiLeaks, Julian Assange, ditangkap kepolisian Inggris setelah diusir dari tempatnya berlindungnya selama hampir tujuh tahun bersembunyi di Kedutaan Besar (Kedubes) Ekuador di London, Inggris.

Penangkapan dilakukan di dalam Gedung Kedubes Ekuador di London, Kamis (11/4), waktu setempat setelah suakanya dicabut oleh pemerintah Ekuador di London, Inggris dalam hitungan jam atau hari.

Sebelumnya, laporan yang dibuat oleh surat kabar Amerika Serikat (AS), New York Times menyebutkan bahwa Presiden Ekuador akan menyerahkan Assange, warga negara Australia kepada AS dengan imbalan pengurangan utang. Namun, ABC belum bisa mengonfirmasi laporan WikiLeaks tersebut. 

Berikut beberapa alasan oemerintah Ekuador mencabut suaka Assange.

1. Assange berulang kali melanggar aturan suaka Ekuador

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk DitangkapANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Pada awal minggu ini, Presiden Ekuador, Lenin Moreno, mengatakan bahwa Assange berkali-kali melanggar aturan suaka selama tinggal di Kedubes mereka selama hampir tujuh tahun terakhir.

Presiden Moreno menyebut, Assange tidak berhak mencampuri urusan politik negara lain, khususnya negara yang memiliki hubungan baik dengan Ekuador. “Bukannya dia tidak boleh bicara dan menyampaikan pendapatnya secara terbuka, namun dia tidak bisa berbohong ataupun menyadap telepon dan percakapan pribadi seseorang,” jelasnya.  

Baca Juga: Pendiri WikiLeaks Julian Assange Akhirnya Ditangkap 

2. Twit di akun Twitter WikiLeaks tentang penahanan Assange

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk Ditangkap(Para pendukung pendiri Wikileaks Julian Assange) ANTARA FOTO/Simon Dawson

Seperti yang dikutip dari berita CNN, WikiLeaks mengunggah twit yang mengklaim Ekuador sudah memiliki perjanjian dengan Inggris untuk penangkapan Assange. Twit tersebut diunggah beberapa hari setelah Presiden Ekuador menyalahkan situs tersebut atas dugaan korupsi baru-baru ini di media lokal dan publikasi foto-foto keluarga ke media sosial.

Meski tidak terang-terangan menuduh Assange yang membocorkan foto tersebut, tetapi Pemerintah Ekuador memperkirakan WikiLeaks sebagai penyebarnya. Meski Moreno tidak memberi bukti, tetapi dalam pidatonya, telah menggambarkan ketegangan yang sedang berlangsung antara Assange dan tuan rumahnya di Kedubes Ekuador di London.

3. WikiLeaks telah membocorkan ribuan e-mail para staf Komite Nasional Demokrat AS

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk Ditangkap(Para demonstran berdemonstrasi di luar gedung Kedutaan Ekuador dan menuntut agar Julian Assange tak ditahan) ANTARA FOTO/Reuters/Peter Nichols

Selain itu, Presiden Moreno juga mengatakan, negaranya menarik Assange karena perilakunya yang tidak pantas dan agresif, deklarasi yang kasar, dan mengancam dari sekutu Assange terhadap Ekuador serta tindakan pelanggaran peraturan internasional.

Pada bulan Juli 2016, WikiLeaks membocorkan hampir 20.000 e-mails dari para staf Komite Nasional Demokrat AS, yang menunjukkan komite itu lebih menyukai Hillary Clinton dibandingkan Bernie Sanders jelang pemilihan presiden.

Sementara itu, Assange mengatakan bahwa pembocoran e-mail itu sengaja disesuaikan waktunya dengan mulainya Konvensi Nasional Demokrat. Berkas pengadilan AS pada tahun 2018 menunjukkan upaya pemerintah AS untuk menjatuhkan tuduhan pidana kepada Assange.

4. Perilaku Assange yang dianggap sudah tidak pantas

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk DitangkapANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Menteri Luar Negeri Ekuador, José Valencia, mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang perilaku pendiri WikiLeaks, Julian Assange, ketika ia tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London. 

Valencia mengatakan, Assange telah mengendarai skuter, bermain sepakbola di dalam ruangan, dan menghina staf kedutaan. Dia juga mengatakan, Assange menggunakan pengeras suara pada pukul 1:30 pagi.

Assange juga mencoba memblokir kamera keamanan di dalam kedutaan dan menuduh staf memata-matai dia atas nama AS.

“Dia memasang kamera sendiri dan peralatan tidak resmi di kedutaan. Dia diberi kata sandi Wi-Fi untuk menggunakan internet, tetapi dia menolaknya. Dia menggunakan ponsel yang tidak terdaftar di kedutaan,” ujarnya.

5. Kesehatan fisik dan mental Assange menurun

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk Ditangkap(Pendiri Wikileaks Julian Assange) www.2gb.com

Tidak hanya itu saja, Valencia juga mengatakan bahwa kesehatan fisik dan mental Assange sangat menurun setelah tinggal di dalam Kedutaan selama hampir tujuh tahun. Setelah mempertimbangkan berbagai prospek untuk mempertahankannya di kedutaan tanpa batas waktu, akan meningkatkan risiko kesehatannya semakin memburuk.

Valencia mengatakan, perilaku Assange kian agresif dan dia memiliki praktik kebersihan yang tidak benar. Namun, Assange mengklaim, dirinya disimpan dalam isolasi. Di sisi lain, menurut Valencia, Assange juga membuat klaim palsu dalam dokumen aplikasi naturalisasi.

6. Ekuador menghabiskan lebih dari $6 juta untuk menampung Assange di kedutaan besarnya di London

Alasan Ekuador Akhirnya Menyerahkan Julian Assange untuk DitangkapCNN

Sebagai informasi, Ekuador menghabiskan lebih dari $6 juta dalam pengeluaran untuk menampung pendiri WikiLeaks, Julian Assange di kedutaan Ekuador di London.

“Ekuador menghabiskan lebih dari $5.800.000 untuk biaya keamanan dari Juni 2012 hingga September 2018 dan sekitar $400.000 untuk biaya medis, makanan, binatu dan hukum untuk Assange,” kata José Valencia, Menteri Luar Negeri, seperti yang dilansir dari berita CNN.

Valencia mengatakan, kedutaan mengurangi biaya keamanan pada tahun 2018 dari $1.000.000 per tahun menjadi $600.000 per tahun.

Baca Juga: Kalah Banding, Pengadilan Inggris Dukung Penangkapan Julian Assange

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya