Comscore Tracker

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di Prancis

Dari pembalikkan foto Macron sampai Melania cium Trudeau

Biarritz, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 2019 yang dimulai pada Sabtu (24/8) kemarin berakhir pada hari Senin (26/8). KTT ini mempertemukan para kepala pemerintahan dari tujuh negara yaitu Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, Jerman, Kanada dan Jepang.

Hadir juga perwakilan Uni Eropa sebagai mitra penuh, selain tentu saja para istri dari Presiden maupun Perdana Menteri yang terlibat dalam G7. Sejumlah momen paling diingat yang menjadi pembicaraan baik di media massa serta media sosial pun terjadi. Berikut ini lima di antaranya:

1. Trump mengusulkan Rusia kembali bergabung dengan G7

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisPertemuan G7 di Biarritz, Prancis, pada 24-26 Agustus 2019. ANTARA FOTO/Andrew Harnik/Pool via REUTERS

Dalam KTT tahun lalu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berpendapat bahwa untuk selanjutnya Rusia perlu dilibatkan kembali. Di KTT tahun ini, usulan tersebut mendapatkan respons negatif dari negara-negara anggota G7.

"Dalam kondisi apa pun, kami tidak bisa menyetujui logika ini," kata Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk, seperti dilansir Reuters.

"Ketika Rusia dulu diundang ke G7 untuk pertama kali, negara itu diyakini bisa menempuh jalur demokrasi liberal, penegakan hukum dan HAM penuh. Apa ada di antara kita sekarang, yang bisa mengatakan dengan penuh keyakinan, bukan perhitungan bisnis, bahwa Rusia ada di jalur itu?"

Sebelumnya, Jerman, Prancis dan Inggris juga menolak usulan Trump itu. Dikutip dari The Guardian, Jepang, melalui Perdana Menteri Shinzo Abe, menyatakan sikap netral. Sementara itu, hanya Perdana Menteri Giuseppe Conte dari Italia yang mengungkapkan dukungan terhadap usulan Trump.

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Didepak dari KTT G8

2. Menlu Iran tiba-tiba datang

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisPresiden Iran Hassan Rouhani bersama Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif di Tehran, Iran. ANTARA FOTO/Official President Website/Handout via REUTERS

Javad Zarif yang tiba-tiba datang ke Biarritz untuk bertemu Presiden Prancis, Emmanuel Macron, barangkali menjadi momen paling tidak biasa dalam KTT tahun ini. Bahkan, seperti dilaporkan BBC, delegasi Amerika Serikat terkejut dengan kehadiran Menteri Luar Negeri Iran itu, terutama karena hubungan kedua negara sedang sangat memanas.

Zarif pun mengunggah dua foto yang memperlihatkan pertemuannya dengan Macron pada Minggu (25/8) di Twitter. "Diplomasi aktif Iran dalam upaya mewujudkan hubungan yang konstruktif berlanjut," tulis Zarif. "Jalan di depan sulit. Tapi layak untuk dicoba."

Trump merespons dengan dingin usaha Prancis untuk meredakan ketegangan. "Kami akan melakukan cara kami sendiri, tapi, tahukah Anda, saya tidak bisa menghentikan orang-orang untuk berbicara. Jika mereka mau berbicara, mereka bisa berbicara," ujar Trump.

3. Para aktivis perubahan iklim membalikkan foto Macron dalam sebuah protes

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisAktivis perubahan iklim memprotes kebijakan Emmanuel Macron saat KTT G7 di Prancis pada 24-26 Agustus 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez

Macron kembali menjadi sorotan kemarin ketika sejumlah demonstran anti-G7 turun ke jalan di kawasan barat daya Prancis. Dikutip dari The Local France, mereka mencuri foto-foto Macron dari Balai Kota, kemudian memparadekannya dalam posisi terbalik di jalanan kota.

Para demonstran mengkritik kebijakan iklim Presiden termuda Prancis tersebut dengan menyuarakan "turunkan Macron". Mereka meneriakkan yel-yel seperti: "Satu, dua, tiga derajat, ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan!"

"Kami memegang fotonya terbalik untuk menunjukkan kurang masuk akalnya kebijakan-kebijakannya," kata salah satu aktivis bernama Mathieu. Dalam beberapa foto juga tertuliskan: "Keadilan iklim dan sosial, di mana Macron?"

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisAktivis perubahan iklim melakukan protes di KTT G7 di Prancis dengan membalikkan foto Emmanuel Macron. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez

4. Melania Trump mencium Justin Trudeau, kemudian jadi bahan omongan di Twitter

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisMelania Trump mencium Justin Trudeau di KTT G7 pada 24-26 Agustus 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria

Momen berikutnya yang menjadi pembicaraan adalah sebuah foto ketika Ibu Negara Melania Trump akan mencium Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Di sampingnya adalah suaminya yang tampak menundukkan kepala.

Salah satu netizen menyebut bahwa foto tersebut mengingatkan pada meme yang memperlihatkan seorang laki-laki menoleh ke belakang untuk melihat perempuan lain, padahal ia sedang bersama kekasihnya.

5. Boris Johnson menyalahkan Uni Eropa

Lima Momen Paling Diingat Selama KTT G7 di PrancisPerdana Menteri Inggris Boris Johnson saat bertemu dengan Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk di KTT G7 pada 24-26 Agustus 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Hartmann

Perdana Menteri Inggris terbaru mengatakan negaranya bisa "dengan mudah mengatasi" Brexit tanpa kesepakatan. Dilansir dari The Guardian, Johnson menyebut ini terjadi karena kesalahan para pemimpin Uni Eropa.

"Saya kira kami bisa melewati ini, ini adalah sebuah negara yang sangat luar biasa, Kerajaan Inggris, jadi kami bisa dengan mudah mengatasi suatu skenario tanpa kesepakatan," kata Johnson.

Ia juga mengatakan bahwa persiapan untuk skenario tersebut sedang dimaksimalkan untuk membantu mengamankan persetujuan. Akan tetapi, Johnson menyalahkan Uni Eropa atas skenario ini dengan menyebut institusi itu "keras kepala" karena memaksa ada hasil pada 31 Oktober.

Baca Juga: Boris Johnson: Dipecat 2 Kali sebagai Jurnalis Sampai Jadi PM Inggris

Topic:

  • Rosa Folia

Just For You