Comscore Tracker

Tim Sepak Bola Wild Boars Peringati 1 Tahun Terjebak di Dalam Gua

Insiden itu akan dikisahkan oleh Netflix

Bangkok, IDN Times - Anggota tim sepak bola Wild Boars yang sempat terjebak di dalam gua di Thang Luam kembali lagi ke lokasi tersebut pada Senin (24/6). Kehadiran mereka di sana adalah untuk memperingati satu tahun insiden yang mencuri perhatian masyarakat internasional tersebut.

Karena air di dalam gua tiba-tiba meninggi, sebanyak 12 anggota Wild Boars dan seorang pelatih terjebak selama hampir tiga minggu. Misi penyelamatan berskala besar pun dilakukan dengan melibatkan warga Thailand dan asing. Mereka semua berhasil selamat setelah perjuangan yang tak kenal lelah.

1. Mereka melakukan penggalangan dana

Tim Sepak Bola Wild Boars Peringati 1 Tahun Terjebak di Dalam GuaANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun

Sehari sebelumnya, yaitu pada Minggu (23/6), sembilan dari anggota tim serta pelatih mereka berpartisipasi dalam marathon serta lomba balap sepeda di kawasan kota Mae Sai. Lokasinya dekat dengan gua di mana mereka terjebak. Seperti dilaporkan Associated Press, cara tersebut diikuti oleh sekitar 4.000 orang lainnya.

Tidak hanya berlomba, Wild Boars juga melakukan penggalangan dana untuk meningkatkan kondisi di gua yang pernah hampir merenggut nyawa mereka. Pelatih Wild Boars, Ekapol Chantawong, mengatakan kepada awak media,"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah melakukan berbagai upaya dan pengorbanan untuk menyelamatkan kami semua."

Baca Juga: Tim Sepak Bola Thailand akan Tampil di Hadapan Publik

2. Wild Boars melakukan penghormatan terhadap mendiang penyelam

Sehari usai mengikuti acara olahraga dan penggalangan dana, Wild Boars tampil lagi di hadapan publik dalam upacara penghormatan kepada mendiang anggota pasukan khusus Angkatan Laut Thailand, Saman Kunan. Ia adalah penyelam yang tewas di tengah operasi penyelamatan.

Kunan merupakan satu-satunya korban meninggal sepanjang insiden tersebut. Dilansir dari The Nation Thailand, upacara tersebut digelar di sebuah lokasi dekat Gua Thang Liam. Adul Sam-on, salah satu anggota Wild Boars yang ketika peristiwa masih berumur 14 tahun, menyebut Saman sebagai "ayah kedua".

Sedangkan istri mendiang Saman, Valepon Gunan, mengaku sangat terharu ketika upacara penghormatan berlangsung. "Saya ingin mengatakan kepada [Saman] agar jangan khawatir. Saya akan kuat dan menjaga diri sendiri dan keluarga dan orangtua selalu," ucapnya.

3. Bagian depan gua diubah menjadi kuil

Tim Sepak Bola Wild Boars Peringati 1 Tahun Terjebak di Dalam Guaunsplash.com/Mathew Schwartz

Pada tahun lalu, otoritas setempat pun melakukan transformasi terhadap bagian pintu masuk Gua Tham Luang menjadi sebuah kuil. Perubahan ini menarik wisatawan lokal maupun asing yang berebut mengambil selfie di area tersebut. Bukan hanya Gua Tham Luang yang terkenal, tapi Wild Boars juga.

Sejak selamat dari peristiwa itu, mereka diundang untuk melakukan tur keliling dunia. Mereka disambut oleh klub besar seperti Manchester United serta LA Galaxy. Lalu, presenter ternama Hollywood, Ellen DeGeneres, juga membawa mereka ke acara bincang-bincangnya.

4. Apa yang menimpa Wild Boars akan dikisahkan oleh Netflix

Tim Sepak Bola Wild Boars Peringati 1 Tahun Terjebak di Dalam Guaunsplash.com/Taylor Simpson

Dramatisnya insiden dan misi penyelamatan terhadap anggota tim Wild Boars pun membuat raksasa penyedia layanan streaming Netflix tertarik untuk mengisahkan mereka. Bangkok Post melaporkan pada April lalu bahwa Wild Boars sudah menandatangani kontrak dengan Netflix yang berminat membuat miniserinya.

Menurut kabar, masing-masing anggota Wild Boars akan mendapatkan Rp1,3 miliar dari kontrak tersebut. Salah satu petinggi Netflix yang bertanggung jawab untuk konten internasional yang orisinil, Erika North, menuturkan "Thailand adalah pasar yang sangat penting bagi Netflix" dan berniat menceritakan "kisah lokal yang menginspirasi" kepada penonton global.

Baca Juga: Begini Susahnya Evakuasi Tim Sepak Bola dari Goa Thailand

Topic:

  • Rosa Folia

Just For You