Kecelakaan Bus di Mesir, 19 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan bus terjadi lagi di Mesir

Jakarta, IDN Times - Sebuah bus mengalami kecelakaan di wilayah Delta Nil, Mesir, Sabtu (12/11/2022). Dilaporkan, sebanyak 19 orang meninggal dunia dan enam orang lainnya luka-luka dalam kecelakaan ini.

Dilansir Al Jazeera, kecelakaan terjadi saat bus tengah melaju menuju Aga. Di wilayah kanal Mansuriya, bus terjatuh ke selokan dan akhirnya menyebabkan beberapa orang meninggal dan terluka.

Baca Juga: Buntut Kecelakaan Maut Cibubur, Klakson Telolet Bakal Dievaluasi

1. Kecelakaan disebabkan roda kemudi tak berfungsi

Kecelakaan Bus di Mesir, 19 Orang Meninggal Duniailustrasi kecelakaan kereta dan mobil/bus (IDN Times/Aditya Pratama)

Beberapa media di Mesir menyebut, kecelakaan ini terjadi akibat tidak berfungsinya roda kemudi bus. Sebelum bus jalan, tak ada pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait.

Bus ini sendiri tengah membawa 35 orang, termasuk anak-anak. Kementerian Kesehatan Mesir menyebut, dari 19 korban meninggal yang teridentifikasi, tiga di antaranya adalah anak-anak.

Baca Juga: KTT COP27 Resmi Dibuka di Mesir, Indonesia Diwakili Ma'ruf Amin

2. Kecelakaan di jalan rutin terjadi di Mesir

Kecelakaan Bus di Mesir, 19 Orang Meninggal DuniaIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Kairo, Mesir (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Al Jazeera menyebut, kecelakaan di jalan rupanya jadi sesuatu yang lumrah di Mesir. Pasalnya, jalanan di sana, bahkan jalan tol sekalipun, tidak dirawat dengan baik.

Ditambah lagi, para penyedia jasa transportasi acap tidak melakukan pemeriksaan kendaran yang digunakan sebagai alat transportasi, baik itu bus atau lainnya. Alhasil, kecelakaan jadi sesuatu yang rutin terjadi.

3. Total 7.000 orang meninggal dalam kecelakaan

Kecelakaan Bus di Mesir, 19 Orang Meninggal DuniaUmat Muslim di Mesir melakukan salat Idulfitri di atap hunian mereka di Kairo, Mesir, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/foc)

Mesir sendiri adalah salah satu negara terpadat di wilayah Arab, sehingga kecelakaan jadi sesuatu yang lumrah. Pada 2021, tercatat ada 7.000 orang meninggal dunia dalam kecelakaan di jalanan Mesir.

Terbaru, pada Juli 2022, 25 orang meninggal dunia dan 35 terluka dalam kecelakaan bus yang terjadi di wilayah Mesir Tengah. Ketika itu, sebuah bis menabrak truk yang tengah terparkir di sisi jalan.

Baca Juga: Sinai Utara Mesir Bergejolak di Tengah Perhelatan KTT COP27 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya