Serangan Israel Masih Menggila, 1.055 Warga Palestina Tewas

Korban kebanyakan anak-anak dan perempuan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan Gaza merilis korban meninggal dan luka-luka terbaru, akibat dari konflik yang meletus antara Hamas dan Israel sejak Sabtu (7/10/2023). Korban jiwa sudah menyentuh angka 1.055 jiwa.

"Di Gaza, total 1.055 warga Palestina meninggal dunia sejak terjadinya konflik Hamas-Israel per Sabtu (7/10/2023), dan 5.184 warga lainnya luka-luka," tulis keterangan resmi Kementerian Kesehatan Gaza.

Baca Juga: Pemerintah Soroti Dampak Perang Israel-Hamas Hingga Krisis Pangan

1. Persediaan obat dan ranjang rumah sakit sudah menipis

Serangan Israel Masih Menggila, 1.055 Warga Palestina Tewasilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Kementerian Kesehatan Gaza juga menyebut, persediaan obat dan ranjang di semua rumah sakit Gaza makin menipis.

"Hampir semua rumah sakit kehabisan ranjang, obat yang bisa dikonsumsi, dan juga peralatan kesehatan hampir habis," tulis Kementerian Kesehatan Gaza.

Baca Juga: Kronologi Operasi Badai Al-Aqsa, Serangan Hamas yang Kejutkan Israel

2. Korban didominasi anak-anak dan perempuan

Serangan Israel Masih Menggila, 1.055 Warga Palestina TewasGedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Masih dalam keterangannya, Kementerian Kesehatan Gaza juga mengonfirmasi bahwa korban-korban dari serangan Israel ini kebanyakan anak-anak dan perempuan.

"Kurang lebih, 60 persen korban dari serangan Israel di Jalur Gaza ini adalah anak-anak dan perempuan," tulis Kementerian Kesehatan Gaza.

3. Serangan udara Israel masih intens di Gaza

Serangan Israel Masih Menggila, 1.055 Warga Palestina Tewasilustrasi bendera Palestina (pexels.com/muaaz)

Saat ini, dilaporkan bahwa Israel masih membombardir Jalur Gaza dengan serangan udara, yang merupakan balasan dari serangan Hamas pada Sabtu lalu.

Israel juga melakukan blokade total di Jalur Gaza, yang merupakan tempat tinggal bagi jutaan warga Palestina. Militer Israel mengatakan mereka meluncurkan serangan besar-besaran ke lebih dari 100 lokasi di Gaza.

Baca Juga: Hoaks Hamas-Israel Marak di X, Elon Musk Terancam Sanksi Uni Eropa

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya