Menhan Prabowo Berkunjung ke Turki di Tengah Pandemik, Ada Apa?

Prabowo membahas kelanjutan kerja sama industri pertahanan

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terekam kamera melakukan kunjungan dinas ke Turki. Juru bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan mengenai kunjungan tersebut. Ketika dikonfirmasi melalui pesan pendek, Dahnil mengatakan dalam kunjungan itu Prabowo membahas kerja sama industri pertahanan Indonesia dan Turki.

"Betul, Beliau melanjutkan pembicaraan lebih intens (mengenai kerja sama kedua negara)," ungkap Dahnil pada Jumat (24/7/2020). 

Tetapi, ia tidak bersedia menjelaskan secara rinci siapa saja yang akan ditemui oleh Prabowo. Ia hanya menyebut mantan seteru Jokowi di Pilpres 2019 lalu itu akan bertemu dengan mitranya di Turki yang terkait dengan penguatan kerjasama bilateral industri pertahanan. 

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal yang dikonfirmasi turut membenarkan Prabowo sedang berada di negara yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan itu. Iqbal menyebut Prabowo berada di Turki pada periode 22-24 Juli 2020. Ia turut menyebut salah satu pihak yang ditemui oleh Prabowo selama di Turki adalah Ketua Presidensi Industri Pertahanan (SSB).

"Benar, bahwa Menhan berkunjung ke Turki pada 22-24 Juli 2020 untuk bertemu dengan Ketua Presidensi Industri Pertahanan (SSB) dan sejumlah industri pertahanan," ungkap Iqbal melalui keterangan tertulis. 

Apakah Prabowo turut menunaikan salat Jumat perdana di Hagia Sophia?

1. Prabowo bertukar pandangan mengenai kerja sama alutsista

Menhan Prabowo Berkunjung ke Turki di Tengah Pandemik, Ada Apa?Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika berkunjung ke Turki (www.twitter.com/@ismailDemirSSB)

Kunjungan Prabowo ke Turki diketahui lantaran Presiden Industri Pertahanan Turki Ismail Demir mencuit foto kunjungannya ke sana. 

"Kami menggelar pertemuan dengan Menhan Prabowo Subianto dan delegasinya. Dalam pertemuan itu, kami bertukar pandangan mengenai kerja sama dan isu ekspor di berbagai bidang, khususnya pesawat tanpa awak atau UAV dan kendaraan tempur," demikian cuit pada Rabu, 22 Juli 2020. 

Menurut Iqbal, tidak ada hal baru dalam kunjungan Prabowo ke Turki. Prabowo ke sana di tengah pandemik untuk menindak lanjuti kunjungan sebelumnya di tahun 2019 lalu. 

"Sebagaimana diketahui, hubungan Indonesia-Turki di bidang pertahanan dan industri pertahanan sudah berlangsung sangat baik dalam 10 tahun terakhir," tutur pria yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri itu. 

Tahun ini, Iqbal melanjutkan, pabrikan Turki FNSS akan mulai memproduksi bersama Tank Kelas Menengah (medium tank) Harimau/Kaplan dengan PT PINDAD. Tank tersebut merupakan hasil pengembangan bersama kedua perusahaan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Sambangi Turki, Menhan Prabowo Sempat Tengok Industri Kapal Selam

2. Turki juga sempat mengajukan kerja sama dalam pengembangan pesawat tanpa awak (UAV)

Menhan Prabowo Berkunjung ke Turki di Tengah Pandemik, Ada Apa?Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Turki (Dokumentasi Humas Kemenhan)

Selain kerja sama pengembangan tank, Turki sempat mengajukan kerja sama dalam pengembangan pesawat tanpa awak (UAV).

Dikutip dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, UAV Anka produksi Turkish Aerospace Industries sejak 2018 lalu telah mengikuti tender di Kementerian Pertahanan RI untuk pengembangan pesawat terbang tanpa awak di Indonesia. UAV Anka sempat bersaing dengan produk dari negara lain dan berhasil lolos memasuki tahap akhir pengadaan UAV.

Saingan UAV Anka saat itu merupakan UAV buatan Tiongkok. Namun, hingga kini belum ada kabar terbaru dari pengadaan tersebut.

Iqbal mengatakan dalam kunjungan ke Turki, Prabowo tidak berkunjung ke Turkish Aerospace Industries. 

3. Prabowo tidak ikut menunaikan salat Jumat perdana di Hagia Sophia

Menhan Prabowo Berkunjung ke Turki di Tengah Pandemik, Ada Apa?unsplash.com/meric

Hari Jumat ini menjadi spesial bagi sebagian warga Turki, karena mereka bisa menunaikan salat Jumat perdana di Hagia Sophia. Bangunan yang berstatus warisan dunia itu oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan fungsinya diubah dari museum menjadi masjid. 

Namun, menurut Iqbal, Prabowo tidak ikut ke Istanbul dan menunaikan ibadah salat Jumat di sana. 

"Gak (ikut salat Jumat di Hagia Sophia)," katanya singkat. 

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, Prabowo Berburu Alutsista ke Prancis dan Denmark

Topik:

Berita Terkini Lainnya