1 Keluarga WNI dari Gaza Sudah Pulang ke Indonesia

Keluarga Bang Onim sudah tiba kemarin sore di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengonfirmasi bahwa satu keluarga WNI atas nama Abdillah Onim, yang berhasil dievakuasi dari Gaza pekan lalu, dipulangkan ke Indonesia.

“Kemlu RI dan KBRI Kairo memfasilitasi kepulangan Bang Onim sekeluarga ke Indonesia,” kata Judha, dalam pesan singkatnya, Selasa (7/11/2023).

Bang Onim diketahui sudah tiba di Indonesia pada kemarin sore beserta istrinya warga Palestina dan ketiga anaknya.

Baca Juga: Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia Gaza

1. Evakuasi satu keluarga WNI lagi belum berhasil

1 Keluarga WNI dari Gaza Sudah Pulang ke IndonesiaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury dalam pelepasan bantuan kemanusiaan ke Gaza di Bandara Halim Perdanakusuma. (IDN Times/Yosafat Diva)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengakui bahwa evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza, atas nama Hussein, belum berhasil.

"Diperoleh informasi, pintu dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga tidak dimungkinkan dilakukan evakuasi. Dari lapangan kami juga memperoleh informasi, bahwa sudah dua hari ini tidak ada evakuasi dari Gaza ke Rafah," kata Retno, dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

Retno menegaskan, pemerintah akan terus berupaya untuk mengevakuasi satu keluarga WNI ini secepatnya dari Gaza.

Baca Juga: Sebulan Palestina Digempur Israel, 10.165 Orang Tewas di Gaza

2. Retno komunikasi langsung dengan WNI di Gaza

1 Keluarga WNI dari Gaza Sudah Pulang ke IndonesiaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Retno mengakui bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan keluarga Hussein untuk memastikan mereka aman dan dalam kondisi baik.

"Kita akan terus berusaha dan kemarin saya lakukan kembali komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa WNI dalam keadaan baik. Saya juga langsung berkomunikasi dengan keluarga WNI Pak Hussein, untuk memberikan semangat dan menyampaikan bahwa kami sedang terus berusaha," tutur Retno.

3. Bantuan tahap pertama dari Indonesia untuk Gaza sudah tiba di Mesir

1 Keluarga WNI dari Gaza Sudah Pulang ke IndonesiaBantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza tiba di Mesir. (dok. KBRI Kairo)

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk para korban serangan Israel di Gaza, dilaporkan suadh tiba di Mesir. Bantuan yang dikawal Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury ini tiba hari ini, sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat di Bandara Al Arish, Mesir.

Bantuan kemanusiaan seberat 51,5 ton ini dilepas oleh Presiden Ri Joko Widodo, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada Sabtu lalu dari Lanud Halim Perdanakusuma.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menunjukkan solidaritasnya kepada masyarakat Palestina. Bantuan baru saja sampai di Bandara Al Arish dan akan diserahkan ke Bulan Sabit Merah Mesir untuk dibawa ke perlintasan masuk wilayah Gaza,” kata Pahala, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, kemarin.

Usai menyerahkan bantuan kemanusiaan ini, pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang membawanya pun segera kembali ke Indonesia.

Baca Juga: PBB: Stok Pangan di Gaza Hanya Bertahan untuk 5 Hari 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya