Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia Gaza

3 WNI ini mengaku tidak ingin dievakuasi dari Gaza

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan dirinya terus berkomunikasi dengan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) relawan MER-C yang ada di Gaza. Mereka saat ini masih bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

“Kementerian Luar Negeri juga melakukan komunikasi terus dengan tiga relawan MER-C yang berada di sekitar Rumah Sakit Indonesia serta Kantor MER-C Jakarta, guna memastikan keselamatan mereka,” kata Retno, dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

Tiga WNI relawan RS Indonesia di Gaza ini mengaku memang memilih tidak ingin ikut proses evakuasi pemerintah Indonesia karena ingin melanjutkan misi kemanusiaan mereka di Gaza. 

1. Satu keluarga WNI masih belum berhasil dievakuasi

Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia GazaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Retno juga mengatakan bahwa proses evakuasi 1 keluarga WNI atas nama Hussein, dari Gaza, belum berhasil.

"Diperoleh informasi, pintu dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga tidak dimungkinkan dilakukan evakuasi. Dari lapangan kami juga memperoleh informasi, bahwa sudah dua hari ini tidak ada evakuasi dari Gaza ke Rafah," ujar Retno.

Retno menegaskan, pemerintah akan terus berupaya untuk mengevakuasi satu keluarga WNI ini secepatnya dari Gaza.

Baca Juga: Pintu Rafah Ditutup, Evakuasi 1 Keluarga WNI dari Gaza Tertunda 

2. Retno komunikasi langsung dengan WNI di Gaza

Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia GazaAksi protes penduduk Gaza di wilayah pesisir Jalur Gaza (Twitter/Warda_GazaPal)

Sementara itu, Retno mengakui bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan keluarga Hussein untuk memastikan mereka aman dan dalam kondisi baik.

"Kita akan terus berusaha dan kemarin saya lakukan kembali komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa WNI dalam keadaan baik. Saya juga langsung berkomunikasi dengan keluarga WNI Pak Hussein, untuk memberikan semangat dan menyampaikan bahwa kami sedang terus berusaha," tutur dia lagi.

3. Satu keluarga WNI atas nama Abdillah Onim sudah berhasil dievakuasi ke Mesir

Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia GazaKeluarga Abdillah Onim atau Bang Onim yang berhasil dievakuasi dari Gaza. (dok. Kemlu RI)

Setidaknya, 4 WNI dan 1 istri WNI sudah berhasil dievakuasi dari Gaza ke Mesir via perbatasan Rafah pada Jumat pekan lalu.

Lima orang yang terdiri dari empat WNI dan satu istri WNI warga Palestina ini merupakan keluarga dari Bang Onim, yang sudah sejak lama menetap di Palestina dan melakukan misi kemanusiaan.

"Alhamdullillah, puji syukur, pada tanggal 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 3 November 2023 waktu Indonesia, 4 WNI dan 1 istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah. Saat ini, saya mendapat laporan bahwa mereka sudah tiba dengan selamat di Kairo, Mesir," kata Retno, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Persiapan evakuasi sebenarnya telah dilakukan per 1 November 2023. Namun karena kondisi yang tidak kondusif, para WNI terpaksa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Pada tanggal 2 November, dari sejak pagi hari, kita coba lagi lakukan evakuasi, namun gagal lagi karena situasi tidak memungkinkan. Sekali lagi, sebagaimana pernah saya sampaikan, keselamatan para WNI adalah prioritas," ucap Retno.

Baca Juga: RS Indonesia di Gaza Minta Perlindungan dari Pemerintah Indonesia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya