3 Jasad WNI Korban Kapal Terbalik Korsel Dipulangkan ke RI 

Ketiga jasad itu tiba pada 16 Maret 2024

Intinya Sih...

  • Tiga jasad WNI korban kapal terbalik di Korsel tiba di Jakarta pada 16 Maret 2024.
  • Proses pencarian lima ABK lainnya masih dilakukan oleh Korean Coast Guard (KCG).
  • Kapal nelayan terbalik di lepas pantai selatan Kota Tongyeong saat para ABK sedang memancing.

Jakarta, IDN Times - Sebanyak jasad Warga Negara Indonesia (WNI) korban kapal terbalik di Korea Selatan (Korsel) telah tiba di Jakarta pada 16 Maret 2024.

Adapun tiga jasad ini atas nama Safrudin, Arie Permana, dan Maulana Mansyur, yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang pada pukul 15.55 WIB.

"Ketiga jenazah selanjutnya diserahterimakan kepada pihak keluarga yang juga dihadiri oleh perwakilan agen perusahaan pengirim para ABK tersebut," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dalam pesan singkatnya, Senin (18/3/2024).

1. Proses pencarian empat ABK masih dilakukan

3 Jasad WNI Korban Kapal Terbalik Korsel Dipulangkan ke RI Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, proses pencarian untuk lima ABK lainnya, terdiri dari empat WNI dan satu Korsel masih terus dilakukan Korean Coast Guard (KCG).

Judha menuturkan Kemlu dan KBRI Seoul terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Korea Selatan dan Indonesia guna memberikan dukungan yang dibutuhkan selama proses pencarian.

"Informasi perkembangan pencarian terus disampaikan Kemlu kepada tujuh keluarga ABK WNI di Indonesia," ucap dia.

Guna memastikan pemenuhan seluruh hak-hak ketujuh korban ABK WNI tersebut, koordinasi terus dilakukan Kemlu dan KBRI dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Ketenagakerjaan, BP2MI dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Kemenhub Pulangkan Jenazah 3 ABK Korban Kapal Terbalik di Korsel

2. Kronologi kapal terbalik di Korsel

3 Jasad WNI Korban Kapal Terbalik Korsel Dipulangkan ke RI Potret laut Pulau Jeju (instagram.com/Visit Jeju)

Kapal nelayan ini dilaporkan terbalik di lepas pantai selatan Kota Tongyeong, Korsel pada 9 Maret 2024. Kapal ini terbalik ketika para ABK sedang memancing.

Kemudian, tiga ABK WNI yang ditemukan tak lama sejak kapal tenggelam, dinyatakan meninggal dunia.

Korean Coast Guard (KCG) telah mengerahkan 19 kapal KCG, satu kapal Angkatan Laut Korea, 27 kapal swasta yang berada di sekitar lokasi, 13 helikopter, serta 20 penyelam.

3. Kapal berlayar dari Jeju

3 Jasad WNI Korban Kapal Terbalik Korsel Dipulangkan ke RI Potret laut Pulau Jeju (instagram.com/Visit Jeju)

Kapal yang terbalik tersebut dilaporkan berlayar dari Pulau Jeju pada Kamis pukul 10.36 pagi waktu setempat dan tenggelam sekitar pukul 06.29 pagi, Sabtu kemarin, waktu setempat.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, juga memerintahkan pihak berwenang terkait untuk melakukan semua yang terbaik bagi menyelamatkan nyawa para ABK. Yonhap melaporkan, kapal tersebut terbalik ketika sedang berhenti untuk memancing.

Baca Juga: Diterjang Badai, 10 ABK Kapal Kiat Maju Jaya-7 Raib di Samudera Hindia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya