5 ABK WNI Selamat dari Kebakaran Kapal di Hong Kong 

Kebakaran ini terjadi di perairan di timur Hong Kong

Jakarta, IDN Times - Setidaknya 5 kru anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia di kapal tanker Chuang Yi dilaporkan selamat dari kecelakaan. Chuang Yi yang mengalami kecelakaan di perairan Hong Kong tersebut meledak dan terbakar.

Para ABK WNI tersebut dalam keadaan selamat dan dalam perawatan rumah sakit setempat. Identitas ABK WNI berinisial JA, AS, BS, MM, RS.

Baca Juga: Wabah Virus Corona: WNI di Hong Kong Tertangkap Curi Ribuan Masker

1. KJRI Hong Kong mengambil tindakan

5 ABK WNI Selamat dari Kebakaran Kapal di Hong Kong Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Judha Nugraha (Dokumentasi Kemenlu)

Merespons kondisi tersebut, KJRI Hong Kong segera berkoordinasi dengan otoritas keselamatan maritim Hong Kong (The Hong Kong Maritime Rescue Coordination Center).

"Seluruh kru korban ledakan kapal Chuang Yi telah dibawa ke Queen Marry Hospital dan Pamela Youde Hospital Hong Kong," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Malam kemarin, KJRI Hong Kong telah diberikan akses untuk menemui 5 orang WNI ABK yang dirawat di Queen Marry Hospital yaitu JJ, BS, M, dan RS. Adapun AS belum dapat ditemui karena kondisi kesehatan yang belum stabil.

Baca Juga: 2 WNI ABK di Kapal Ikan China Selamat usai Terjun ke Laut

2. KJRI terus memantau kondisi ABK WNI

5 ABK WNI Selamat dari Kebakaran Kapal di Hong Kong Ilustrasi Kota Hong Kong (Dokumentasi Hong Kong Tourism Board)

KJRI Hong Kong terus menjalin berkomunikasi dengan pihak otoritas terkait Hong Kong untuk memberikan pendampingan yang maksimal. Selain itu, KJRI juga memastikan upaya medis yang optimal bagi perawatan kru WNI.

Para WNI ABK mengalami luka bakar yang bervariasi dari ringan hingga cukup berat. Petugas medis di Queen Marry Hospital menyampaikan bahwa mereka mengupayakan perawatan medis yang optimal bagi para WNI, sehingga dapat pulih dengan cepat.

Baca Juga: Taipei Bantu Pemulangan 105 ABK WNI yang Terdampar di Laut Taiwan

3. Kemlu-Kemenhub koordinasi cari data WNI

5 ABK WNI Selamat dari Kebakaran Kapal di Hong Kong Sebuah museum di Hong Kong dipaksa tutup menjelang peringatan tindakan keras Tiongkok terhadap Hong Kong yang ke-32 tahun. (Pixabay.com/blazejosh)

Kementerian Luar Negeri RI juga turut berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan RI untuk penelusuran data keluarga dan agen yang memberangkatkan para ABK WNI tersebut.

Selain itu, KJRI Hong Kong juga telah melakukan komunikasi dengan pihak agensi kapal Chuang Yi di Hong Kong guna memastikan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan maupun kesehatan para WNI ABK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kapal tanker Chuang Yi diketahui adalah kapal berbendera Panama yang pengangkut minyak dan bahan kimia. Kapal sedang menuju ke Taiwan saat terjadi peristiwa ledakan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya