7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!

Xinjiang Islamic Institute memiliki 8 cabang di Xinjiang

Urumqi, IDN Times - Imam Abdurraqib Turmuniyaz menyambut saya dan rombongan dengan senyum lebar di gerbang depan Xinjiang Islamic Institute di Urumqi, Xinjiang, China. Dari depan, sekolah ini tidak tampak seperti sekolah pada umumnya, lantaran arsitektur gedungnya yang menurut saya, sangat modern.

Berjarak sekitar 35-40 menit dari hotel saya menginap di pusat kota Urumqi, Xinjiang Islamic Institute ini berdiri untuk mengajarkan anak-anak laki-laki Muslim di Xinjiang memperdalam agama Islam.

Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Xinjiang Islamic Institute di Urumqi, Xinjiang. Sekolah ini memiliki 8 cabang, antara lain ada di Hotan, Aksu dan Kashgar dengan total 3 ribu siswa.

“Kebebasan beragama umat Islam telah dilindungi sepenuhnya dan dijamin di China, terutama Xinjiang. Sekolah ini agar mereka bisa memperdalam ilmu agama Islam dan salah satu tujuannya bisa jadi imam di masjid-masjid di China,” kata Turmuniyaz kepada rombongan kami, Selasa (9/4/2024) lalu.

Pemerintah China juga diketahui telah menggelontorkan sekitar Rp600 miliar untuk membangun Xinjiang Islamic Institute di Urumqi ini. Sekolah ini berdiri di lahan seluas 7,6 hektare pada sekitar tahun 1982-1983.

“Ini sekolah Islam. Kami mengajarkan anak-anak laki-laki memperdalam agama dan bukan penyekapan. Fasilitas di sekolah ini lengkap dari kantin, masjid hingga perpustakaan dan gym,” ucap Turmuniyaz.

Yuk intip fasilitas Xinjiang Islamic Institute ini!

1. IDN Times sempat melihat kegiatan belajar para murid di Xinjiang Islamic Institute ini. Salah satu yang diajarkan adalah pendalaman Al-Qur'an serta Bahasa Arab

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Suasana belajar di Xinjiang Islamic Institute, China. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: Mengintip Xinjiang Islamic Institute di China, HAM Dijamin?

2. Imam Tumniyaz, Direktur dari Xinjiang Islamic Institute yang mengantarkan IDN Times berkeliling sekolah ini

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Direktur Xinjiang Islamic Institute, China, Abdurekhip Tumniyaz. (IDN Times/Sonya Michaella)

3. Rupa masjid di Xinjiang Islamic Institute. Adem ya?

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Xinjiang Islamic Institute, China. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: Mengunjungi Masjid di Xinjiang di Hari Terakhir Puasa

4. Para murid, yang seluruhnya laki-laki, juga tinggal di sekolah ini. Satu kamar berisi empat orang

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Kamar para murid di Xinjiang Islamic Institute. (IDN Times/Sonya Michaella)

5. Area perpustakaan dan ruang komputer Xinjiang Islamic Institute

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Xinjiang Islamic Institute. (IDN Times/Sonya Michaella)

6. Kantin di Xinjiang Islamic Institute. Mereka juga tidak dipungut biaya untuk sekolah di sini. Makan 3 kali sehari, gratis!

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Kantin di Xinjiang Islamic Institute. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: Mengenal Sejarah Xinjiang, Rumah Muslim Uighur di China

7. Salah satu sudut rak buku di perpustakaan yang koleksi bukunya cukup lengkap

7 Potret Xinjiang Islamic Institute di China, Fasilitas Lengkap!Perpustakaan di Xinjiang Islamic Institute. (IDN Times/Sonya Michaella)

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya